oleh

Palu Dijatah 17 Ribu KIA

PALU, PE – Tahun ini Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Palu telah menyiapkan 17 ribu lembar Kartu Identitas Anak (KIA).

“Target kita tahun ini 17 ribu KIA akan didistribusikan keseluruh kelurahan,”kata Kadis Dukcapil Palu, Burhan Toampo, Rabu 8 Maret di kantornya.

KIA menurutnya berlaku sejak anak berusia dalam kandungan atau usia nol hingga anak berusia 17 tahun. KIA berlaku secara nasional untuk kepentingan pendidikan anak. Sekaligus sebagai identitas diri ketika anak menabung di Perbankan.

“Distribusi KIA kita awali di dusun watutela selanjutnya ke daerah lain wilayah Kota Palu,”katanya.

Pihaknya akan mendata seluruh siswa yang telah memiliki akte kelahiran. Bagi yang sudah memiliki akan ditindaklanjuti dengan pemberian KIA. Sedangkan bagi yang belum miliki akte, akan diarahkan untuk segera mengurus penerbitannya.

Untuk mengejar target itu, pihaknya akan menggandeng seluruh sekolah dalam proses pendataan siswa.

“Sasaran kita ditingkat TK dan SD yang akan memvalidkan kembali data yang siswanya,”demikian Burhan.

Kabid kependudukan dan Pencatatan Sipil Disdukcapi Kota Palu, Ketut Simon menambahkan, saat ini pihaknya tengah intens melakukan pelayanan berjalan (Mobile). Inistiatif itu dilakukan untuk mendorong percepatan capaian target wajib identitas KTP dan KIA.

Dengan pola¬† mobile itu, sedikitnya ada 28 kelurahan yang sudah terlayani pada tahun 2016 silam. “Tahun inipun program mobile tetap berlanjut dalam rangka mengajar target akte kelahiran,”pungkasnya.

(mdi/Palu Ekspres)

News Feed