oleh

Belajar Tekun ya, Jangan Tergiur Kunci Jawaban

PALANGKA RAYA – Ujian Nasional (UN) berbasis komputer (UNBK) dan yang menggunakan kertas pensil (UNKP) akan dilaksanakan pada April nanti.

Khusus untuk UNKP Disdik Kalimantan Tengah memastikan soal aman dari kebocoran, sebab pihaknya telah bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk keamanan soal.

“Untuk keamanan soal, kita sudah kerjasama dengan Polda untuk pengawalan. Kecil kemungkinan bocor,” ucap sekretaris Disdik Kalteng Gazali Rahman melalui telepon pada Kalteng Pos, Sabtu (25/3).

Dikatakan, sejak soal tiba sampai dibuka segelnya di hadapan peserta ujian mendapat pengawasan dari kepolisian.
Sehingga dipastikan orang yang menjanjikan kunci jawaban itu hanya ingin mengambil untung dengan momen-momen ujian tahunan ini.

“Jika ada yang menjanjikan kunci jawaban itu pasti tidak benar. Sebab kita sudah kerjasama dengan kepolisian dan juga susunan soal tiap siswa berbeda-beda,” ujarnya.

Dijelaskannya, dalam satu kelas tiap siswa akan mendapatkan soal yang berbeda urutannya. Walau ada soal yang sama dan mirip itu berbeda nomer urut. Sehingga contekan pun tidak bisa.

“Jangan termakan tawaran jawaban soal. Lebih baik belajar tekun dan banyak berdoa agar lulus dan bisa diterima diperguruan tinggi. Tidak usah menggunakan cara-cara yang tidak sehat. Apa lagi dibohongi orang yang menjanjikan kunci jawaban,” terangnya.

(uni)

News Feed