Enam Investasi Bodong Kembali Ditutup OJK

  • Whatsapp

JAKARTA, PE – Setelah menutup 13 kegiatan investasi bodong sepanjang Januari dan Februari 2017, Satuan Tugas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Penghimpunan Dana Masyarakat dan Pengelolaan Investasi (Satgas Waspada Investasi) kembali menghentikan enam kegiatan investasi abal-abal. Enam perusahaan investasi tersebut melakukan kegiatan penghimpunan dana atau kegiatan usaha yang berpotensi merugikan masyarakat. Mereka juga diduga melanggar ketentuan yang berlaku.

Enam perusahaan dan kegiatan investasi bodong itu adalah Starfive2u.com, PT Alkifal Property Groupmatic170, EA Veow, FX Magnet Profit, serta Koperasi Serba Usaha Agro Cassava Nusantara (Agro Investy) di Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat. Satgas Waspada Investasi mengharuskan enam perusahaan investasi bodong tersebut segera menghentikan kegiatan usahanya. Penghentian itu dilakukan hingga perusahaan-perusahaan tersebut memperoleh izin dari otoritas yang berwenang.

Bacaan Lainnya

“OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan Satgas Waspada Investasi terus mengejar serta menutup kegiatan investasi ilegal itu. Selama 2017, ada 19 perusahaan yang kami temukan dan kami tutup,” kata Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L. Tobing.

Tongam yang juga merupakan direktur Kebijakan dan Dukungan Penyidikan OJK menyatakan, kegiatan enam perusahaan bodong tersebut selama ini dipantau Satgas Waspada Investasi. Monitoring dilakukan berdasar informasi yang diperoleh satgas. Baik dari media sosial maupun media massa. Setelah dilakukan pemantauan, pembahasan, dan kajian, rupanya terdapat ketidakjelasan legalitas, kegiatan usaha, serta domisili perusahaan-perusahaan tersebut.

Satgas Waspada Investasi meminta masyarakat tidak melakukan kegiatan investasi dengan enam perusahaan yang masuk dalam daftar hitam satgas itu. Masyarakat juga dapat melaporkan kepada Satgas Waspada Investasi apabila mengetahui perusahaan-perusahaan investasi bodong itu masih beroperasi sebelum memperoleh izin dari otoritas yang berwenang.  (rin/c16/sof)

Investasi Bodong yang Ditutup Tahun Ini

Januari

PT Compact Sejahtera Group (Compact500/Koperasi Bintang Abadi Sejahtera/ILC), PT Inti Benua Indonesia, PT Inlife Indonesia, Koperasi Segitiga Bermuda (Profitwin77), PT Cipta Multi Bisnis Group, PT Mi One Global Indonesia.

Februari

PT Crown Indonesia Makmur, Number One Community, PT Royal Sugar Company, PT Kovesindo, PT Finex Gold Berjangka, PT Trima Sarana Pratama (CPRO-Indonesia), Talk Fusion.

Maret

Starfive2u.com, PT Alkifal Property Groupmatic170, EA Veow, FX Magnet Profit, Koperasi Serba Usaha Agro Cassava Nusantara (Agro Investy).

(RIZKY/JAWA POS)

Pos terkait