Panitia UN Sulteng Lakukan Tanggap Darurat

  • Whatsapp

PALU EKSPRES, PALU – Panitia Pendistribusian naskah ujian nasional SMA/SMK Tahun Pelajaran 2016/2017  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud)  Sulawesi Tengah (Sulteng) menempuh upaya tanggap darurat dengan mendistribusikan naskah ujian nasional kertas dan pensil (UNKP).

Sesuai laporan yang disampaikan oleh Ketua Panitia Pendistribusian Naskah UNKP SMA/SMK Tahun Pelajaran 2016/2017 Provinsi Sulteng, Asrul Ahmad, upaya tanggap darurat dilakukan oleh pihak panitia ke tiga kabupaten yang tergolong membutuhkan waktu tempuh yang relatif cukup lama.

Bacaan Lainnya

Hal itu untuk mengantisipasi keterlambatan naskah diterima oleh pihak panitia pelaksana di daerah. Tiga daerah yang segera dilakukan pendistribusian naskah UNKP tersebut, adalah Kabupaten Banggai, Banggai Laut serta Banggai Kepulauan.

Asrul mengakui, naskah UNKP SMA/SMK baru diterima oleh pihak panitia provinsi pada Rabu siang, 29 Maret 2017 melalui via angkutan laut. Seharusnya, naskah UNKP tersebut paling lambat diterima panitia provinsi pada tanggal 28 Maret 2017, mengingat pelaksanaan ujian nasional tinggal menghitung hari.

“Pemberangkatan yang kemarin karena mempertimbangkan margin error satu hari sebelum tiba ke tempat tujuan untuk menjaga kemungkinan hal-hal yang tak diharapkan,” ujar Asrul, Kamis (30/3) di halaman gudang penyimpanan Naskah UNPK Disdikbud Sulteng di Jalan Zebra Palu.

Adapun pendistribusian  naskah UNKP yang tersisa, yakni Kabupaten Tolitoli, Buol, Parigi Moutong, Poso, Tojo Unauna, Morowali, dan Morowali Utara, dilaksanakan pelepasannya secara resmi oleh Kadisdikbud Sulteng hari ini, Kamis 30 Maret 2017.

“Palu, Donggala, dan Sigi didistribusikan besok (Jumat,Red),” ujar Kepala UPTD Pendik Disdikbud Sulteng itu.

Terakhir pendistribusian akan dilakukan Jumat 31 Maret 2017 ke wilayah Kota Palu, Donggala dan Sigi. Dalam pendistribusian naskah UN ini, panitia bekerja sama dengan perusahaan otobus untuk ekspedisi dan pengamanan didampingi tim dari Kepolisian Daerah (Polda) Sulteng.

Kepala Disdikbud Sulteng Irwan Lahace membenarkan jika penerimaan naskah UNKP molor dari jadwal yang telah disepakati antara panitia Provinsi Sulteng dengan Pemerintah Pusat. Naskah UNKP tersebut sudah tiba di gudang penyimpanan naskah UNKP Sulteng beberapa hari lalu.

Disdik Sulteng tahun ini kata dia, berupaya meningkatkan integritas pendidikan melalui UNBK sehingga diharapkan tidak ada lagi terjadi kebocoran soal juga kunci jawaban yang beredar.  ”Saya berharap pelaksanaan ujian tahun ini tidak dicederai hal-hal yang tak diinginkan,” imbuhnya.

Irwan juga mengharapkan dukungan dari semua stakeholder untuk menyukseskan UN 2017.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Irwan tak lupa memberi apresiasi kepada ketua panitia pendistribusian naskah UNKP, Asrul Ahmad yang  melaksanakan tanggungjawab yang melekat pada dirinya dengan sebaik-baiknya.

“Walau pada saat yang bersamaan pak Asrul harus mendampingi istrinya yang harus dioperasi tapi tetap melaksanakan tanggungjawab yang melekat pada dirinya dengan mengawal pendistribusian naskah UNKP hingga ke daerah tujuan,” ujarnya.

Untuk diketahui, sebagaimana dikutip dari laman pembelajaran.co.id, jadwal pelaksanaan UN SMK pada tanggal 3-6 April 2017, sedangkan untuk UN SMA sederajat akan dilaksanakan pada 10-13 April 2017.

(fit/Palu Ekspres)

Pos terkait