oleh

Fasilitas Umum di Lokasi Sail Tomini Tidak Terurus

Ahmad Udyn – PE
MULAI RUSAK – Fasilitas umum MCK di loaksi Sail Tomini kondisinya mulai tidak terurus.

PARIMO, PE  – Ini salah satu penyakit birokrasi pada umumnya. Tidak mampu memelihara aset yang sudah dibangun dengan menghabiskan anggaran miliaran rupiah. Seperti yang terlihat di lokasi Sail Tomini. Sejumlah fasilitas yang dibangun kini mulai rusak. Salah satunya adalah MCK  di lokasi Pantai Kayu Bura.

Beberapa MCK sudah mengalami kerusakan. Dari enam unit MCK yang permanen ditambah dengan delapan MCK  portable semuanya tidak bisa digunakan. Beberapa kloset tampak sudah mengalami keretakan.
Kadis PU Kabupaten Parigi Moutong, Irfannur Lamalindu mengaku, sejumlah fasilitas umum seperti MCK yang berada di Dusun Kayu Bura Desa Pelawa Baru Kecamatan Parigi Tengah, masih tanggungan rekanan pusat. Sebab kata dia, sejumlah fasilitas umum seperti MCK dan toilet lainnya masih dalam tahap pemeliharaan hingga sekarang.

”Fasilitas umum seperti MCK yang ada di lokasi Sail itu masih kewenangannya Satker dari pusat, dan sampai saat ini masih dalam tahap pemiliharaan sebelum diserahkan ke Pemda Parimo,” kata Irfannur kepada Palu Ekspres.
Dia meyebutkan, kondisi ini sudah disampaikan belum lama ini kepada Satker pusat dengan PPK-nya yang ada berada di Provinsi Sulteng. Bahkan dalam waktu dekat ini akan dilakukan pemeliharaan termasuk penggantian sejumlah fasilitas yang sudah rusak.

Lanjut Irfannur, setelah dilakukan perbaikan selanjutnya akan dilakukan penyerahan pertama (PHO) dan dilanjutkan dengan penyerahan kedua (SHO) ke pemerintah pusat. ”Fasilitas itu belum di SHO kan dari pemerintah pusat ke pemerintah Kabupaten Parigi Moutong. Jika semua klir hasil pekerjaan itu sepenuhnya akan diserahkan kepada pihak Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong,” jelasnya.

Dia juga mengaku, sampai saat ini belum ada laporan soal kerusakan fasilitas di lokasi Kayu Bura.  ”Belum ada laporan ke kami bahwa MCK itu sudah rusak atau ada yang hilang. Dan Pemda sebagai pemilik lokasi tetap menjaga bahkan  melakukan pemeliharaan,” tuturnya. (ady)

News Feed