Akibat Korut Tes Misil, Pasar Saham Jepang dan Korsel Jatuh

  • Whatsapp

Beberapa pihak menyebut peluncuran yang dilakukan di Panghyon, Provinsi Pyongan Utara, kemarin pagi (4/7) itu menunjukkan peningkatan kemampuan Korut dalam mengembangkan roketnya. ’’Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK) adalah negara kuat dan memiliki ICBM yang mampu menyerang lokasi mana pun di dunia,’’ klaim Ri Chun-hee dalam berita yang disiarkan Korean Central Television (KCTV).

Perempuan yang identik dengan warna merah jambu tersebut merupakan presenter kawakan yang memiliki banyak penggemar. Dia selalu ditugasi menyiarkan berita-berita penting. Di antaranya adalah kematian Kim Il-sung dan King Jong-il. Selepas pensiun, dia hanya diminta menyiarkan keberhasilan uji coba misil dan bom hidrogen Korut.

Bacaan Lainnya

Dalam siaran tersebut tampak tulisan tangan yang berisi perintah untuk melakukan uji coba pada pukul 09.00. Terlihat pula Kim Jong-un yang tampak begitu senang dan bertepuk tangan dengan semangat. Pemimpin 33 tahun tersebut pantas bersukacita. Sebab, itu adalah kali pertama Pyongyang sukses menguji coba ICBM.

Misil balistik tersebut jatuh di perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Jepang. Menurut Korut, pihaknya sudah memperkirakan peluncuran itu secara akurat sehingga tidak menimbulkan dampak negatif terhadap negara-negara tetangga.

Korut sudah berkali-kali menyatakan ingin mengembangkan ICBM yang bisa membawa hulu ledak nuklir. Dengan begitu, mereka bisa menyerang musuh bebuyutannya, Amerika Serikat (AS), jika merasa terancam. Banyak pengamat yang berbeda pendapat terkait dengan daya jangkau KN-14. Ada yang menyatakan bahwa ICBM itu belum bisa sampai di AS. Ada pula yang memperkirakan KN-14 bisa menjangkau Negara Bagian Alaska, tapi belum mampu menjangkau negara bagian lainnya.

(Reuters/AFP/sha/c19/any)

Pos terkait