oleh

Pemimpin Lembaga Kemahasiswaan Harus Jebolan Pusbang Deksa

PALU EKSPRES, PALU – Rektor Universitas Tadulako (Untad), Prof. Dr. Muhammad Basir Cyio mengungkapkan, nantinya calon-calon pemimpin di lembaga-lembaga kemahasiswaan yang ada di lingkungan Untad, harus merupakan jebolan dan memiliki sertifikat pelatihan, dari Pusat Pengembangan Deradikalisasi dan Penguatan Sosio-Akademik (Pusbang Deksa) Untad.

Hal ini dikatakan Rektor, usai melantik beberapa pejabat di lingkup Untad, termasuk Ketua Umum merangkap Ketua Harian Pusbang Deksa Untad, Dr. Rahmat Bakri, Senin (17/7).

“Pusbang Deksa ke depan, akan mengambil peran yang sangat strategis, bahwa semua pimpinan lembaga mahasiswa termasuk pengurusnya, harus jebolan dari Pusbang Deksa, dan harus memiliki sertifikatnya. Tentu juga, lembaga kemahasiswaan ini merupakan tempat pembelajaran untuk kader masa depan bangsa,” kata Rektor.

Rektor menjelaskan, Pusbang Deksa merupakan wadah pengkaderan para calon pemimpin di lembaga kemahasiswaan Untad. Melalui Pusbang Deksa, para mahasiswa akan diberikan pemahaman terkait toleransi, keberagaman, cinta NKRI, Pancasila dan UUD 1945.

“Itu harus mereka miliki, kalau mau jadi pemimpin di lembaga kemahasiswaan. Agar tidak mudah diintervensi, atau dipengaruhi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, yang dapat merusak tatanan kebersamaan kita,” ujarnya lagi.

Keberadaan Pusbang Deksa ini menurut Rektor, diamanatkan oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristek Dikti).

Rektor juga menegaskan, dalam menjalankan fungsinya nantinya, Pusbang Deksa akan melakukan pendekatan secara akademik kepada para mahasiswa. Dan melalui pelatihan-pelatihan yang dilakukan, diharapkan akan meningkatkan kapasitas para mahasiswa, serta menumbuhkan sikap toleransi.

“Jadi adik-adik kita ini, nantinya tidak dikungkung cara berpikirnya, karena pendekatannya melalui pendekatan akademik. Pendekatan akademik harus menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan. Diharapkan nantinya, ini bisa meningkatkan kapasitas mereka, menumbuhkan toleransi dan sebagainya, itu saja intinya,” tandas Rektor.

(abr/Palu Ekspres)

News Feed