oleh

Pengurus IKAAL Parimo Dikukuhkan

PALU EKSPRES, PARIGI – Komisaris Daerah (Komda) Alkhairaat, Wanita Islam Alkhairaat (WIA), Ikatan Alumni Alkhairaat ( IKAAL) Kecamatan Parigi Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), melaksanakan kegiatan Halal bihalal sekaligus dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus Ikatan Alumni Alkhairaat ditingkat Kabupaten Parimo yang bertempat di gedung Madrasah Alkhairaat Kelurahan Masigi, Parigi Moutong, Kamis (20/7).

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Parigi Moutong, Muslimin mengatakan, kegiatan halal bihalal ini bukanlah merupakan ibadah akan tetapi merupakan tradisi keagamaan yang memiliki makna penting dan strategis dalam kehidupan manusia sebagai mahluk sosial.

Menurutnya, halal bihalal ini memiliki pengertian sesama Muslim saling maaf memaafkan antara satu dengan lainya. “Dari silaturahmi dan saling bermaaf maafan yang diwujudkan dalam kegiatan halal bihalal adalah bagian dari tuntunan syariat Islam yang dilaksanakan pada bulan syawal maupun di bulan bulan lainya, baik secara sendiri-sendiri maupun secara berjamaah seperti sekarang ini,’’katanya.

Olenya itu bersilaturahmi dan bermaaf maafan sebagai simbol halal bihalal sesungguhnya tidak mengenal waktu dan tempat, atau pada bulan-bulan tertentu saja, akan tetapi hendaknya dilaksanakan setiap saat dalam momentum apa saja dimana saja baik antara pimpinan dan bawahan, keluarga, tetangga, apalagi sesama Abnaul Khairaat.

“Kegiatan ini pula tidak bisa dipisahkan dengan bulan Ramadhan maupun hari Raya Idul Fitri, sehingga kegiatan ini lebih populer dilaksanakan setelah hari raya idul fitri,” demikian Muslimin.

Sementara itu Wakil Ketua Ikatan Alumni Alkhairaat (IKAAL) Pusat Palu Ahmad E Musa  usai mengukuhkan pengurus IKAAL Kabupaten Parimo pada sambutanya mengatakan, organisasi Alkhairaat merupakan salah satu wadah yang dibentuk oleh Alkhairaat untuk mengkomunikasikan program program yang diemban oleh PB Alkhairaat secara umum.

Sedangkan Pengurus Daerah Ikatan alumni Alkhairaat (PD-IKAAL) yang baru saja dilantik kata dia, tentunya memiliki tugas dan tanggung jawab yang luar biasa yang harus dikerjakan sesuai dengan amanat.

News Feed