oleh

Jumlah Kapal di Perairan Parimo Bertambah

PALU EKSPRES, PARIGI – Wilayah perairan Teluk Tomini tergolong sangat luas sehingga mengakibatkan terus bertambahnya jumlah kapal nelayan yang mengarungi perairan laut wilayah Parimo.

“Hal ini juga membawa konsekuensi bagi bertambahnya jumlah nelayan dan kapal,” kata Bupati yang diwakili Asisten Administrasi Umum Pemkab Parimo, Veys Karandja saat membuka sosialisasi program Smart Nelayan Taat Hukum Kabupaten Parigi Moutong yang dilaksanakn di pesisir pantai Kelurahan Bantaya, Senin (24/7).

Ironisnya, jumlah kapal dan nelayan yang ada tersebut tidak dibarengi dengan ketersediaan data yang baik. Data yang ada masih mengacu kepada data yang lama, yaitu data tahun 2014, sehingga data yang dimiliki tidak update.

Masalah lainnya yang menyebabkan sehingga data administrasi kapal ini tidak update, karena kurangnya kesadaran nelayan dan pemilik kapal untuk mengurus surat-surat izin yang seharusnya dimiliki oleh kapal nelayan.

Oleh karena itu, sosialisasi ini dianggap penting dan strategis dalam rangka memberikan pemahaman kepada nelayan tentang pentingnya mengurus administrasi kapal.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan informasi serta upaya memudahkan masyarakat untuk mengurus administrasi kapal, sehingga masyarakat dapat dengan mudah memiliki surat administrasi tersebut dan melaksanakan kewajiban sesuai peraturan yang berlaku.

“Saya juga berharap kepada instansi teknis terkait agar melakukan penegakan hukum dan pengawasan secara ketat di bidang perkapalan, karena penegakan hukum merupakan hal yang penting dan strategis, untuk mendukung terwujudnya pengelolaan administrasi kapal yang berkelanjutan,” katanya.

(humas pemda parimo)

News Feed