oleh

Habsah Yanti Terbesar Sumbangan Dana Kampanye

PALU,PE-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu merilis laporan sumbangan dana kampanye empat pasangan calon walikota Palu.

Komisioner Divisi Hukum, KPU Palu, Chairil menyebutkan dari empat pasangan calon itu, sumbangan pribadi terbesar yang masuk ke rekening sumbangan kampanye masing-masing pasangan calon adalah sumbangan pribadi dari calon walikota nomor urut 3, Habsah Yanti Ponulele.

Dalam data rekening yang dipegang KPU menyebutkan, pasangan duet Thamrin Samauna itu menyumbang dana pribadi ke rekening kampanye pasangan nomor urut 3 sebesar Rp200 juta. Nilai total itu murni berasal dari dana pribadi mantan anggota DPRD Sulteng itu. ‘‘Itu uang pribadi yang bersumber dari ibu Habsah,“ sebut Chairil.

Sementara pasangan calon yang juga menerima sumbangan dana kampanye yang lumayan besar adalah pasangan calon nomor urut 1 (Hidayat-Sigit Purnomo). Rekening pasangan ini mencatat sumbangan dana kampanye sebesar total Rp115,750 ribu. Nilai itu sebagian besar berasal dari sumbangan perseorangan. hanya Rp2 juta yang merupakan sumbangan dari calon walikota nomor urut I, Hidayat. “Pasha belum ada,” ujarnya.

Sementara pasangan nomor urut 2, Hadianto Rasyid-Wiwik Jumatul hanya mencatat sebesar Rp45 juta. Jumlah itu murni berasal dari sumbangan pribadi calon walikota nomor urut 2, Hadianto Rasyid. ‘‘Sumbangan dari Ibu Wiwik tidak ada,“ sebut Chairil.

Sedangkan untuk pasangan nomor urut 4, Mulhanan Tombolotutu-Tahmidi Lasahido, dana yang tercantum dalam rekening sumbangan dana kampanyenya sebesar Rp20 juta. ‘‘Rp20 juta ini berasal dari pak Tony,“ ujar Chairil.
Chairil memastikan KPU akan bersikap transparan terhadap laporan dana kampanye tersebut. Masyarakat dapat melihat langsung laporan tersebut lewat pengumuman yang ditempel KPU di sekretariat KPU.
‘‘Kami akan tempel dan umumkan ini,“ sebut Chairil.

Laporan dana kampanye itu untuk memastikan alur dan sumber dana yang diterima para pasangan calon selama masa kampanye berlangsung. (mrs)

News Feed