oleh

November, Citilink Buka Rute Palu

BAKAL LAYANI PALU. Salah satu pesawat milik maskapai Citilink.

PALU, PE– Maskapai Citilink Indonesia  bakal melebarkan sayapnya ke wilayah timur Indonesia dengan membuka tiga rute baru sekaligus. Tiga kota itu yakni: Palu (Sulawesi Tengah), Manado (Sulawesi Utara) dan Tarakan (Kalimantan Utara). General Manager Garuda Indonesia Palu, Supangat Samari, membenarkan rencana tersebut. “Ya betul. Saya sudah diinformasikan soal itu,” kata Supangat.

Supangat mengatakan, maskapai Citilink adalah anak perusahaan Garuda Indonesia.  Maskapai ini  berdiri tahun 2001 sebagai Unit Bisnis Strategis (SBU) Garuda Indonesia. Dan sejak tanggal 30 Juli 2012 Citilink secara resmi beroperasi sebagai entitas bisnis yang terpisah dari Garuda Indonesia setelah mendapatkan Air Operator Certificate (AOC).

“Citilink ini merupakan penerbangan berbiaya murah. Pangsa pasarnya adalah anak muda yang lebih menginginkan seuatu yang praktis,” kata Supangat, yang mengaku salah satu yang merintis maskapai Citilink itu.
Supangat mengatakan, pembelian tiket Citilink bisa dipesan melalui situs online. Terkait dengan rencana pembukaan rute Palu itu, Citilink mulai membuka kantor di Bandara Mutiara Sis Aldjufri Palu.

Terpisah, Direktur Utama Citilink Indonesia Albert Burhan, pihaknya ingin mengejar target bisa menerbangi rute di wilayah timur Indonesia. “Ini sebagai antisipasi terhadap pelaksanaan ASEAN Open Sky pada akhir tahun ini,” ujar Albert di Jakarta, Selasa (20/10).

Nantinya, kata dia, rute baru ke Manado akan dibuka pada tanggal 25 Oktober 2015, kemudian diikuti rute Palu dan Tarakan pada 8 November 2015 mendatang. Adapun rute baru Manado bisa diterbangi dari Jakarta – Manado, Surabaya – Manado, dan Makassar – Manado dengan frekuensi satu kali penerbangan sehari dari masing-masing destinasi. Sedangkan rute Makassar – Palu beroperasi dengan frekuensi satu kali penerbangan sehari, dan Balikpapan – Tarakan satu kali penerbangan sehari.

“Ini merupakan upaya melengkapi jangkauan Citilink di pasar domestik, sekaligus upaya melanjutkan hasil positif yang sudah diraih pada Semester I tahun ini,” kata Albert. Alber menargetkan maskapai Citilink bisa menerbangkan 11,2 juta penumpang hingga akhir tahun 2015.(rez/chi)

News Feed