oleh

Tuntas Buta Aksara, Parimo Raih Penghargaan

TERIMA PENGHARGAAN – Bupati Parigi Moutong melalui Kadisdik, Ardi Kadir menerima penghargaan Anugrah Pratama Aksara dari Kementrian Kemendikbud.(F/Disiki Parimo)    

PARIMO, PE – Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, belum lama ini, terpilih sebagai daerah yang mampu menuntaskan buta aksara. Mendikbud Anies Baswedan, memberikan penghargaan Anugerah Pratama Aksara atas capaian tersebut.

Kepala Disdik Parigi Moutong, Ardi Kadir kepada Palu Ekspres mengatakan, penghargaan penghargaan tersebut sebagai bentuk keseriusan pemerintah  memberatas buta aksara. Dia mengatakan, untuk Kabupaten Parigi Moutong,  berjumlah 9 persen, kini sudah menurun 6 persen.   Menurut dia, indikator penurunan buta aksara di Kabupaten Parigi Moutong diketahui melalui kegiatan membaca bersama di setiap kecamatan yang berlangsung hingga pelosok desa. Dan kegiatan ini kata dia, rutin dilakukan setiap  bulan.

Dia juga mengatakan, upaya dalam menuntaskan buta aksara di Kabupaten Parigi Moutong juga bisa dilihat di acara Sail Tomini kemarin. Saat itu kata Ardi, ada kegiatan dilakukan membaca bersama yang diikuti alumni buta aksara dari sejumlah kecamatan.  Selain Kabupaten Parigi Moutong,  Kabupaten Donggala juga ikut menerima penghargaan yang sama.  (ady)

News Feed