Dua Hari Diguyur Hujan, Titik Api Berkurang

  • Whatsapp

POSO,PE – Setelah sempat di guyur hujan keras selama dua malam, Selasa – Rabu, jumlah titik api di Kabupaten Poso mulai berkurang. Dari total 15 titik  api, kini tertinggal satu titik api yang belum bisa dipadamkan tepatnya di kawasan hutan lindung antara Kecamatan Pamona dan Lore Selatan yang berjarak sekitar 45 km dari kota Tentena.

Kepala Dinas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kabupaten Poso, Masdian Mentiri yang ditemui Palu Ekspres, Kamis 29 Oktober, menjelaskan  penurunan jumlah titik api yang ada di wilayah Poso disebabkan oleh hujan keras. ‘’Untuk sementara masih tertinggal satu titik api, mudah-mudahan dalam waktu dekat kita bisa padamkan juga, meskipun lokasi kebakaran sudah cukup jauh dan masuk ke wilayah  hutan lindung,’’ujarnya.
Akibat kebakaran,  total lahan yang terbakar seluas 729 hektar. Dengan kerugian ditaksir miliaran rupiah.

Data tersebut ungkap Masdian, merupakan data yang diterima oleh BNPB. Rinciannya 45 persen lahan kebun dan 55 persen hutan belantara yang tersebar di seluruh wilayah kabupaten Poso. ‘’Kita berharap tidak ada lagi ketambahan titik api,warga setempat melalui camat dan kades untuk ikut aktif menjaga wilayah mereka dari kebakaran,’’harapnya. Data terakhir yang didapatkan dari Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG) Poso hingga Kamis 29 Okrober, ketebalan asap kabut  untuk jarak pandang sudah mencapai 4.000 kilometer dari sebelumnya yang hanya 1.000 meter.(mg-03)

Pos terkait