oleh

Longki: MTQ Harus Menjadi Perekat Umat

SERAHKAN PIALA – Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu menyerahkan piala bergilir kepada Camat Taopa yang disaksikan Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, dalam pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Parimo ke 11 di Kecamatan Taopa.(F/Ahmad Udyn/PE)

PARIMO, PE – Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola meminta agar acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) jangan diijadikan ajang serimonial belaka. Tetapi  harus dijadikan ajang silaturahim dan perekat umat kepada sesama umat muslim. Ini  dijadikan ajang perubahan dalam diri khususnya bagi generasi qurani.  Sambutan itu, disampaikan saat Longki Djanggola didaulat membuka  acara MTQ tingkat Kabupaten Parigi Moutong ke 11 di Kecamatan Taopa.

“Melalui MTQ ini mari kita jadikan ajang silaturahim sesama kita dan saya yakin melalui ajang ini akan semakin tumbuh generasi qurani yang sejatinya akan membawa perubahan bagi kita semua,”kata Longki dalam acara pembukaan MTQ ke 11  di Kecamatan Taopa.

Gubernur juga meminta dalam sambutannya, bahwa masyarakat Sulteng tidak lama lagi akan menghadapi Pilgub serentak. Tepat tanggal 9 Desember, masyarakat akan menentukan pilihan calon Gubernur Sulteng priode 5 tahun ke depan. Olenya itu kata dia, meminta kepada masyarakat Sulteng agar selalu mengedepankan keamanan masing – masing kecamatan, desa dan dusun. Terutama saling menjaga persaudaraan sesama kita semua. Kata dia, berbeda pilihan merupakan hal yang wajar yang sudah diatur dalam demokrasi.

“Pemilihan Gubernur tidak lama lagi kita akan ikuti olehnya itu faktor keamanan yang paling penting yang harus kita kedepankan dalam momen ini. Kita hanya punya dua calon yang terbaik di Sulteng dan berhak maju dan terserah masyarakat, pilih yang mana tetapi pilih sesuai dengan hati nurani masing – masing tanpa ada intervensi  dari luar,”pinta Longki.

Sementara itu, Camat Taopa yang juga sebagai ketua panitia, Ramayanti Sumaga mengatakan, pembukaan MTQ tingkat Kabupaten  Parimo yang ke 11 ini yang berlangsung di Kecamatan Taopa, berlangsung meriah. Pasalnya kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Sulteng, Longki Djanggola. Dia berharap kegiatan ini, akan mampu memberikan dampak bagi masyarakat Kecamatan Taopa dalam mengedapankan silatruhim peserta dan kecintaan terhadap kitab suci Al’quran.

“Kami sangat berterima kasih kepada pak Gubernur untuk bisa meluangkan waktunya datang dalam membuka kegiatan ajang kegamaan ini. Dan kami berharap dengan kegiatan ini mampu memupuk silaturahim sesama masyarakat khususnya kepada peserta,”tuturnya.

Dia menyebutkan, bahwa jumlah peserta yang mengikuti ajang MTQ tingkat kabupaten ini berjumlah kurang lebih 1.1073 peserta yang terdiri dari 23 kecamatan yang hadiri. Lebih lanjut kata dia, panitia MTQ akan memperlombakan Sembilan jenis lomba dan tentunya dari 23 kafilah akan saling bersaing dalam untuk bisa mendapatkan poin dari dewan juri. Menjadi tuan rumah MTQ ini, bersama  kafila Kecamatan Taopa sebagai tuan rumah tetap optimis dalam mempebutkan juara satu umum, sehingga bisa mamsuk dalam kecamatan yang bisa mewakili Kabupaten Parigi Moutong dalam lomba MTQ tingkat Provinsi di Kabupaten Parigi Moutong

“Kami sebagai tuan rumah MTQ ini tetap optimis dalam berlomba untuk bisa juara satu umum. Apalagi tahun depan Parigi Moutong kembali akan menjadi tuan rumah MTQ tingakt Provinsi Sulteng, dan kami yakin kafilah Taopa optimis bisa juara dan wakili Kabupaten Parimo diajang MTQ provinsi,”tandasnya. (ady)

News Feed