oleh

PLN: Palu Bebas Krisis Listrik 2017

BEBAS PEMADAMAN – Palu diperkiran bebas pemadaman pada 2017

PALU, PE – PLN menjamin Palu, Sulawesi Tengah baru akan bebas dari krisis listrik pada awal 2017, kata Manager PLN setempat Novalince Pamuso.”Pemadaman listrik terjadi karena memang kemampuan daya yang ada sekarang ini terbilang belum memadai,”katanya di Palu, Senin.

Saat ini, katanya PLN sedang menunggu beropersinya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) III dan IV yang sementara tahap pembangunan. Jika semua berjalan dengan normal, PLTU unit III akan mulai beropersi sekitar Juni 2016. Sementara PLTU unit IV akhir 2016. Menurut dia, jika kedua PLTU tersebut beroperasi, ditambah lagi suplai daya dari PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) Sulewana Poso ditingkatkan secara maksimal, maka pada 2017 Palu dan beberapa kabupaten di Sulteng jauh lebih aman dari krisis listrik seperti yang terjadi selama ini.

Dia juga mengaku sejumlah Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) milik PLN yang selama ini memperkuat sistem kelistikan Palu,Donggala, Parigi dan Sigi (Palapas), rata-rata telah menurun kemampuannya karena sudah lebih belasan tahun beroperasi. Seperti yang ada di PLTD Silae, Kecamatan Palu Barat, semua mesin pembangkit itu sudah lama beroperasi sehingga kemampuan terus menurun. Namun demikian, kata dia, PLTD tersebut masih perlu dipertahankan, untuk mengantisipasi jika terjadi gangguan pada pembangkit lain misalnya PLTU dan PLTA. **

News Feed