oleh

Palu Masuk ALKI 2 Jalur Laut Indonesia

TERIMA KUNJUNGAN – Gubernur Sulteng Longki Djanggola bersama Wakilnya H. Sudarto, menerima kunjungan Forum Strategi II  puluhan Perwira Siswa Pendidikan Reguler Sekolah Staf Komando Angkatan Laut (Pasis Dikreg Seskoal) Angkatan ke 54, Senin 9 Mei 2016 di ruang Polibu Kantor Gubernur. (HUMAS PEMPROV)

PALU, PE – Penyelenggaraan kuliah kerja forum strategi II perwira siswa pendidikan reguler sekolah staf komando angkatan laut (Pasis Seskoal) salahsatunya memilih wilayah Sulawesi Tengah sebagai lokasi studi wilayah dan pendataan potensi daerah. Pendataan itu dilakukan untuk mendukung pertahanan negara di laut. Hal itu dikemukakan ketua rombongan Pasis Seskoal Kolonel (L) Dwi Soediantono saat bertemu Gubernur Sulteng Longki Djanggola bersama wakil H Sudarto, Senin 9 Mei 2016 di ruang Polibu Kantor Gubernur. Menurutnya, Palu merupakan salahsatu wilayah yang masuk dalam wilayah Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) 2 bersama dengan Tarakan, Balikpapan, Banjarmasin,Bali dan Makassar. Untuk kepentingan kuliah kerja forum, rombongan Pasis Seskoal menyempatkan diri bertemu Gubernur Sulteng.

Peserta kuliah kerja tahun ini berjumlah 150 perwira, terdiri dari 139 perwira AL, 2 perwira AU, 2 perwira AD dan 7 perwira negara asing. Kunjungan para pasis disebar kedalam 6 daerah ALKI 2. Untuk jumlah rombongan di Kota Palu terdiri dari 25 siswa dan lima perwira pembimbing termasuk satu perwira asing asal negara Pakistan.“Forum strategi ini merupakan kegiatan yang harus ditempuh, mereka disiapkan untuk calon pemimpin angkatan laut di masa depan,” terang Dwi Soediantono. Kegiatan kuliah kerja ini tambahnya untuk merumuskan postur, struktur dan perkiraan situasi kondisi dalam menjaga keamanan laut yang bebas dari ancaman militer dan non militer.

Sementara itu, Gubernur Longki Djanggola menyampaikan selamat datang dan penghargaan atas kunjungan di Sulteng kepada ketua rombongan, perwira pembimbing dan para pasis dikreg seskoal. “Kami sangat berbahagia dan terimakasih atas ditunjuknya Kota Palu sebagai tempat pendidikan kuliah kerja, semoga bermanfaat bagi masyarakat pesisir Kota Palu dan bagi siswa seskoal yang mengikuti kegiatan,” ungkap gubernur. Semoga siswa seskoal bisa memberi pembelajaran dalam hal mencintai negara kesatuan dan bela negara,” tambahnya.

Terkait dengan tema forum strategi “Pemberdayaan Potensi Sumber Daya Nasional di Kawasan ALKI II Guna Mendukung Pertahanan Negara di Laut” gubernur berharap pasis dapat mengaitkan tema tersebut dalam membedah potensi-potensi yang ada di Sulteng.“Semoga kegiatan sampai 18 ( Mei ) nanti berlangsung aman, lancar dan bermanfaat,” pungkas gubernur. Usai bersilaturahim, Wagub Sudarto melanjutkan dengan pembekalan materi terkait visi-misi pemda, kondisi geografis, ekonomi, infrastruktur serta pertahanan keamanan. (mdi)

News Feed