oleh

DKP Sulteng Kembangkan Udang Vaname di Buol

TINJAU LOKASI – Kepala DKP Sulteng Hasanuddin Atjo bersama rombongan meninjau lokasi perencanaan budidaya udang vaname di Desa Tende Kecamatan Dako Pamean Kabupaten Tolitoli, Rabu 14 September 2016. (HAMDI ANWAR)

Pola Mina Padi Buol Manfaatkan Air Payau
BUOL,PE – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulteng akan mengembangkan percontohan  budidaya udang vaname dengan pola mina padi di Desa Negeri Lama Kecamatan Bokat Kabupaten Buol. Mina padi merupakan pola budidaya ikan  yang memanfaatkan areal pematang sawah.

Di Desa Negeri Lama percontohan  pola mina padi mulai dikembangkan awal tahun 2015 melalui program pengembangan dan optimalisasi tambak DKP Kabupaten Buol. Untuk saat ini pola mina padi yang sedang berjalan di sana membudidayakan ikan air tawar jenis nila dan bandeng.

Kepala DKP Sulteng, Hasanuddin Atjo mengatakan, percontohan mina padi di Desa Negeri Lama berbeda dengan mina padi pada umumnya. Di sana, air yang digunakan mengaliri sawah adalah air payau.Untuk itu pihaknya akan berupaya mengembangkan pola mina padi dari yang sebelumnya budidaya ikan air tawar menjadi budidaya udang.

Sedangkan untuk jenis padi, pihaknya mendorong petani di lokasi itu untuk menanam padi yang cocok dengan kadar air payau. “Ini merupakan transformasi inovasi pola mina padi yang umumnya dilakukan,”jelas Hasanuddin. Untuk rencana itu, tahun ini DKP Sulteng akan memberikan bantuan 40ribu benih udang vaname di lokasi tersebut. Menurutnya, budidaya udang masih lebih menguntungkan daripada ikan air tawar.Itu lantaran harga jual udang lebih tinggi dari ikan air tawar. Siklus panennya pun lebih cepat.

“Setelah kami kaji, lokasi dan kadar keasinan air payau di pematang sawah tersebut memenuhi syarat untuk budidaya vaname,”jelasnya. Dia menambahkan, langkah mengintervensi pola mina padi dengan budidaya udang tersebut diharapkan dapat memotivasi masyarakat khususnya petani dalam memanfaatkan potensi lahan persawahannya. “Tahun ini kita akan mulai. Jadi nanti ada sharing antara pemerintah provinsi dan kabupaten. Mereka yang siapkan lahan kami yang mengintervensi dengan program pengembangan,”kata Hasanuddin.

Selain di Desa Negeri Lama, pihkanya juga akan mengintervensi salahsatu lokasi tambak milik Wakil Bupati Tolitoli, Rahman H Budding di Desa Sabang Tende Kecamatan Dako Pamean Kabupaten Tolitoli. Di lokasi ini lanjut Hasanuddin, pihaknya akan mengembangkan budidaya udang vaname dengan pola semi intensif.

“Kami juga akan memberi bantuan benih udang vaname di tambak tersebut. Namun rencanaya itu kita lakukan tahun depan,”demikian Hasanuddin. Di wilayah Sulteng, percontohan pola mina padi sudah berjalan di Kabupaten Buol, Donggala, Sigi, Tolitoli dan Poso. Namun satu-satunya pola mina padi yang menggunakan air Payau hanya berada di Kabupaten Buol. (mdi)

News Feed