KPU Parimo Belum Punya Data Pemilih Gangguan Jiwa

  • Whatsapp

PALU EKSPRES, PARIGI- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong, sudah melayangkan surat ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Parimo terkait data pemilih tetap hasil perbaikan DPTHP-2. Khususnya untuk pemilih disabilitas dan pemilih yang mengalami gangguan jiwa yang diwajibkan untuk memilih.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Parimo, Abdul Chair kepada Palu Ekspres di kantornya, Jumat 25 Januari 2019.

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, sebagai komisioner yang baru, pihaknya sudah melakukan rapat awal untuk membahas tentang DPTHP tersebut.

“Karena kami belum mengetahui data lama. Cuma yang kami ketahui data keseluruhan yakni, 303. 941 wajib pilih yang ada dan kita belum mengetahui berapa jumlah yang mengalami gangguan jiwa,” ungkpnya.

Menurutnya, tujuan pihaknya menyurat ke Dukcapil itu untuk meminta data lengkap. Sehingga akan diketahui berapa jumlah warga wajib pilih yang sudah melakukan perekaman agar bisa jadi data pembanding.

” Supaya kami bisa membandingkan berapa jumlah warga yang sudah merekam dan berapa lagi yang belum merekam,” ujarnya.

Selain meminta data warga yang sudah maupun yang belum melakukan perekaman di Dukcapil, pihaknya juga meminta data warga Parimo yang mengalami gangguan jiwa. Kemudian nantinya akan dipublikasikan kembali untuk diketahui oleh masyarakat.

Untuk pemilih yang mengalami gangguan jiwa kata dia, pihaknya berupaya dan sudah membentuk relawan demokrasi, di dalamnya ada yang membidangi itu. Kemudian untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat dan juga kepada orang-orang yang memilki kekurangan.

“Jadi tim relawan itu untuk melakukan sosialisasi kepada mereka-mereka yang mempunyai kekurangan, termasuk yang gangguan jiwa, untuk dibekali cara bagaimana nanti melakukan pemilihan di TPS,” jelasnya.

Ditanya terkait, apakah ada TPS khusus nantinya untuk pemilih yang mengalami gangguan jiwa. Ia mengatakan tidak ada TPS khusus untuk itu. TPS khusus itu hanya ada di rumah sakit dan di rumah tahanan.

(asw/palu ekspres)

 

Pos terkait