Suasana Rapat Kordinasi (Rakor) yang dilakukan Bawaslu Sigi bersama Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Sigi. Foto: Nikko/PE

  • Whatsapp

PALU EKSPRES, SIGI– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sigi bakal merekrut ratusan orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Kabupaten Sigi pada Pemilu 17 Apri 2019 mendatang.

“Ini berdasarkan rapat koordinasi (Rakor) yang telah kita laksanakan bersama seluruh Panwaslu Kecamatan di Kabupaten Sigi,” kata Komisioner Bawaslu Sigi, Dewi Tisnawaty SH kepada Palu Ekspres, Kamis (31/1/2019).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, pembentukan PTPS akan dilakukan di semua tingkat Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan dibantu oleh pengawas di tingkat desa.

“Perekrutan pengawas TPS adalah ruang atau kesempatan bagi semua putra putri terbaik Kabupaten Sigi yang ingin mengambil bagian dalam pengawasan pemilu pada 17 april 2019,” akunya.

“Kita butuh yang punya integritas karena mereka-merekalah nantinya yang akan berada di lapangan melakukan pemantauan langsung,” tambahnya.

Untuk menjadi pengawas TPS harus memenuhi persyaratan antara lain WNI, pada saat pendaftaran berusia paling rendah 25 tahun, berpendidikan paling rendah SMU atau sederajat, mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik sekurang-kuranngnya pada saat mendaftar sebagai calon PTPS, dan tidak pernah dipenjara selama 5 tahun atau lebih yang dibuktikan dengan surat pernyataan. Selain itu, memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu, ketatanegaraan, kepartaian dan pengawasan pemilu.

(mg4/palu ekspres)

 

Pos terkait