oleh

TDA Didorong Kembangkan UMKM di Palu

TABUH GONG – Kepala Disparekraf Kota Palu, Presly Tampubolon, didampingi para pengurus Komunitas TDA, saat membuka kegiatan Pesta Wirausaha TDA Palu, di Hotel Best Western Palu, Sabtu 26 November 2016. (foto: IMAM/PE)

PALU, PE – Keberadaan Komunitas Tangan di Atas (TDA), sebagai kumpulan para pengusaha muda yang bergerak di bidang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), diharapkan jadi pendorong meningkatkan mutu dan daya saing UMKM di Kota Palu.

“UMKM kita harus naik kelas, dari yang mikro menjadi kecil, yang kecil menjadi menengah, dan menengah bisa menjadi besar, dan seterusnya. Keberadaan komunitas TDA ini, mudah-mudahan bisa terdorong. Mari kita memajukan Kota Palu dengan segmentasi kita masing-masing, dan semua segmen harus bersatu,” kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Palu, Presly Tampubolon, saat membuka acara Pesta Wirausaha Komunitas TDA Palu, di Hotel Best Western, Sabtu 26 November 2016.

Menurut Presly, sektor UMKM berkembang pada tiga segmen, yakni daya input, daya proses dan daya jangkau, ketiga hal tersebut harus dicapai, agar dapat meningkatkan daya saing. Jika tidak, maka UMKM yang ada tidak akan berkembang.
Pengurus Komunitas TDA Pusat, Ade Wahyudi, melihat peluang bisnis di Palu tergolong cukup besar. Hal tersebut harus dimanfaatkan oleh para anak muda di Kota Palu, untuk menjalankan bisnis khususnya di bidang bisnis kreatif. Kegiatan Pesta Wirausaha yang digelar oleh TDA, merupakan salah satu pembuka jalan menuju hal tersebut.
“Kegiatan Pesta Wirausaha ini, merupakan tempat belajar, tentang bagaimana mengembangkan bisnis kita ke depannya,” ujar Ade. Saat ini kata dia, Komunitas TDA telah berada di 55 kota di Indonesia dan 5 negara di luar Indonesia.
Pesta Wirausaha TDA Palu, digelar pada 26-27 November 2016 di Hotel Best Western. Dalam kegiatan ini, para pengusaha muda asal Kota Palu, berkesempatan memamerkan produk-produk unggulannya. Selain itu, kegiatan tersebut juga memberikan pengetahuan tentang bisnis, bagi para pengunjung melalui seminar-seminar yang diisi oleh para narasumber pilihan. (mg01)

News Feed