oleh

Kepala Madrasah Diminta Tidak Urus Proyek

BUKA ACARA – Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, H. Abdullah Latopada, saat membuka Rapat Koordinasi Bidang Pendidikan Madrasah, di Hotel Mercure Palu, Jumat 27 Januari 2017. (foto: DOK.)

PALU, PE – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, menggelar Rapat Koordinasi Bidang Pendidikan Madrasah (Pendma) tingkat Provinsi Sulteng, Jumat 27 Januari 2017, di Hotel Mercure Palu.

Di hadapan seluruh Kepala Madrasah Negeri se-Sulteng, Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, H. Abdullah Latopada menyampaikan, para Kepala Madrasah harus terus fokus pada peningkatan kualitas madrasahnya, baik akademik maupun non-akademik.

“Jadi, Kepala Madrasah tidak perlu lagi mengurus proyek, sehingga perhatiannya nanti betul-betul terfokus pada peningkatan mutu anak didiknya,” kata Abdullah.

Dirinya siap mendukung apapun kreatifitas yang dibangun oleh Kepala Madrasah, selama itu memiliki tujuan baik.
“Kenapa takut untuk mencoba, sedangkan mencoba itu tidak mengapa,” imbuhnya.

Abdullah juga mendorong para Kepala Madrasah, untuk dapat memberikan pembuktian kepada masyarakat, bahwa slogan “Madrasah lebih baik, lebih baik madrasah” bukan hanya sekadar slogan tanpa pembuktian nyata.

“Buktikan dengan cara tampilkan kualitas dan prestasi, baik akademik maupun non-akademik. Saya punya obsesi, di masa yang akan datang, akan lahir cendekiawan-cendekiawan muslim yang merupakan alumni madrasah” lanjutnya.

Maka dari itu, Abdullah menginstruksikan jajarannya, mulai dari Kanwil Kemenag hingga Seksi Pendidikan Islam (Pendis), untuk terus mendukung dan tidak membuat kebijakan yang justru menghambat kemajuan Madrasah.

Kegiatan yang berakhir pada Minggu 29 Januari 2017 ini, diikuti sekira 100 peserta, yang berasal dari perwakilan MDC, Kepala Kantor Kemenag se-Sulteng, Kasi Pendis dan Pendma se-Sulteng, Pokjawas Provinsi, Kabupaten dan Kota, serta para Kepala Kepala MIN, MTsN, MAN se-Sulteng.

Kepala Bidang Pendma Kanwil Kemenag Sulteng, H. Nasruddin L Midu, dalam laporannya, menyampaikan, Rapat Koordinasi Bidang Pendidikan Madrasah, bertujuan mendeskripsikan strategi inovatif pengembangan madrasah yang unggul dan humanis.

“Kita juga mengidentifikasi langkah strategi, dalam membangun lembaga pendidikan yang unggul dan humanis serta mendeskripsikan arah kebijakan penyelenggaraan dan pengelolaan madrasah yang unggul, humanis dan rujukan dunia,” jelas Nasruddin.

Dalam kegiatan ini, lanjut Nasruddin, pihaknya juga akan merumuskan SOP dan SKP pada Bidang Madrasah Kanwil Sulawesi Tengah, serta merumuskan program kerja untuk dijadikan bahan telaah dalam merevisi dan memperbaiki kinerja bidang madrasah. (mg01)

News Feed