oleh

Tahun  2019, Seluruh Desa di Sulteng Dapat Pasokan Listrik

TEKEN KOMITMEN – Seluruh bupat se Sulteng membubuhkan tandatangan berkomitmen mengalirkan energi listrik ke seluruh desa di Sulawesi Tengah, pada rakor kelistrikan di Ruang Polibu Selasa 31 Januari 2017. (foto: KIA/PE)

Rakor Kelistrikan PLN dan Pemda

PALU, PE – Selasa 31 Januari 2017,  kemarin,  ruang Polibu Kantor Gubernur Sulteng mencatat sejarah penting. 13 pemerinth kabupaten/kota berkomitmen akan melistriki seluruh desa yang belum mendapat aliran listrik di Sulawesi Tengah.  Komitmen itu, diteken oleh 13 pemerintah kabupaten dan kota, bahwa setidaknya tahun 2019 atau dua tahun dari sekarang, semua desa di Sulawesi Tengah sudah mendapat pasokan listrik yang memadai.

Komitmen elektrifikasi di Sulteng dilakukan oleh PT PLN Persero dengan pemerintah kabupaten/kota dan disaksikan oleh Gubernur Sulteng Longki Djanggola yang diwakili Asisten II Bidang Ekonomi Bunga Elim Somba. Menurut Elim, elektrifikasi akan dilakukan paling lambat 2019 mendatang. Pada tahun itu, sedikitnya 347 desa di Sulteng yang mendapatkan energi listrik sudah mendapatkan pasokan energi.  Elim mengatakan, sumber dana untuk program ini berasal dari APBN mencapai Rp1 triliun lebih. Pemerintah kabupaten/kota tidak akan mengelola uang. Pemerintah bertanggungjawab soal pembebahasan lahan jika sekiranya ada lahan milik warga yang digunakan baik untuk pembuatan gardu maupun   tiang jaringan. Sedangkan uangnya akan dikelola PLN terkait pelaksanan teknis.

Menurut Elim, saat ini rasio desa  berlistrik di Sulawesi Tengah baru 82,80 persen. Namum pasokan energi itu tidak konsisten karena seringa terjadi pemadaman, Namun dengan program elektrifikasi ini, masalah kelistrikan di Sulawesi Tengah diharapkan bisa teratasi.

Lanjut Elim, target pemerintah mengenai desa berlistrik 100 persen akan rampung pada 2019, harus terwujud setidaknya di Indonesia Timur.

Kini, Sulawesi Tengah dengan 13 kabupaten/kota dilayani PLN di tiga area, meliputi Area Palu, area Luwuk dan area Tolitoli. (kia)

News Feed