Warga Dusun Penebel Desa Tolai, 10 Tahun Jadi Langganan Banjir

  • Whatsapp

PALU EKSPRES, PARIGI– Akibat intensitas hujan yang cukup tinggi menyebabkan banjir dan menggenangi Dusun Penebel, Desa Tolai, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) pada Jumat (10/4/2020). Diketahui, Dusun Panebel menjadi langganan banjir setiap musim penghujan.
Dampak banjir tersebut, sejumlah rumah warga di sekitar jalur Trans Sulawesi tergenang air.
Kepala Desa Tolai, I Made Gede Dipayana, ditemui di lokasi banjir mengatakan, lokasi ini menjadi langganan banjir sejak 10 tahun terakhir. Ia mengaku, pihaknya selaku Pemerintah Desa telah melakukan berbagai upaya, namun hasilnya pun masih tetap seperti saat ini.
“Seminggu lalu ditempat ini juga banjir, airnya setinggi lutut orang dewasa, banjir kali ini cukup besar dan membuat arus lalulintas sempat mengalami kemacetan,” ungkapnya.
Saat banjir kata dia, air meluap dan menggenangi pemukiman warga hingga di jalur Trans Sulawesi. Akibatnya, banyak material banjir seperti, kayu yang berserakan di ruas jalan dan menghalangi jalur air.
Ia mengaku, setiap kali terjadi banjir warga membersihkan material banjir hanya mengandalkan alat seadanya, tanpa menggunakan alat berat seperti, eksavator dari pihak terkait.
“Alat sederhana yang digunakan, kami Pemdes dan masyarakat bersama-sama membersihkan dibantu Bhabinkamtibmas dan Babinsa,” ungkapnya.
Jalur air ini jelas I Made, merupakan tempat pertemuan dari beberapa sungai yang ada, sehingga, tak heran ketika musim penghujan tiba debit air yang mengalir cukup besar, ditambah lagi jalur yang di lalui air sangat kecil.
Ia menambahkan, saat ini pihaknya telah berupaya menyampaikan hal ini kepada pihak terkait, dengan harapan jalur air desa yang dipimpinnya itu dapat diperbaiki. Namun hingga saat ini belum juga terealisasi.
“Kami hanya menunggu, semoga ada perbaikan jalur ini agar tidak selalu mengalami banjir seperti ini,” ujarnya. (asw/palu ekspres)

 

Pos terkait