KPU Pastikan Siap Gelar Pilkada Besok

  • Whatsapp
adv

PALU, PE – KPU Sulteng memastikan kesiapan KPU Banggai Kepulauan dan Buol menyelenggarakan Pilkada serentak 15 Februari 2017 besok.

Menurut Ketua KPU Sulteng, Sahran Raden, seluruh logistik perlengkapan Pilkada sudah terdistribusi ke tingkat kelompok panitia pemungutan suara (KPPS).

Bacaan Lainnya

“Targetnya kan satu hari sebelum hari pemungutan seluruh logistik sudah di tingkat KPPS,”kata Sahran Raden, Senin (13/2) di kantornya.

Pihaknya kata Sahran juga mendapatkan kepastian bahwa tak ada hambatan dalam proses pendistribusian kelengkapan pemilihan. Sebab di dua kabupaten itu kata Sahran tak ada desa yang sulit dijangkau dari sisi geografis. “Semuanya berjalan lancar karena tak ada desa yang sulit diakses,”ujarnya.

Dari sisi penyelenggara, pihaknya juga memastikan sumber daya panitia sudah dalam kondisi siap.  Karena sebelumnya, KPU rutin menggelar bimbingan teknis (Bimtek) berkaitan proses pemungutan, penghitungan hingga rekapitulasi.

“Semuanya diberikan pengetahuan dan keterampilan profesional kepada seluruh jajaran disetiap jenjang,”jelasnya.

Secara teknis, pihaknya menekankan petugas dapat bekerja profesional dalam pengisian formulir C1 KWK. Pemahaman ini diberikan dalam banyak pendekatan termasuk melakukan simulasi.
“Ini agar nantinya tidak terjadi kekeliruan dalam pengisian itu. Misalnya ada kekeliruan di TPS, maka saat rekapitulasi ditingkat PPK bisa diperbaiki sesuai sesuai dengan data,”terangnya.

KPU juga intens berkoordinasi dengan pihak keamanan. Dipastikan, dalam setiap TPS akan dijaga satu personil kepolisian untuk memantau dan menjaga keamanan.

Hari pemungutan suara nanti dua  komisioner KPU Sulteng akan turun langsung melakukan supervisi di dua kabupaten. Masing-masing, Syamsu di Bangkep dan Nahardi ke Kabupaten Buol.

“Keduanya didampingi satu pegawai sekretariat KPU,”pungkasnya.

Dari Polda Sulteng dilaporkan bahwa sebanyak 210 personil dari satuan Brimob Polda Kalimantan Timur diterjunkan kedua kabupaten. Rombongan yang dipimpin Kasatgas Penuhgasan AKP Yudha tiba di bandara Mutiara Sis Aljufri sekitar pukul 08.10WITA Senin pagi kemarin.  Rombongan diterima langsung Kapolda Sulteng Brigjen Pol Rudi Supahriadi dan langsung diberangkatkan setelah menggelar upacara pelepasan.

(mdi/Palu Ekspres)

Pos terkait