Ujian Madrasah, Guru-Guru Aliyah Buol Persiapkan Kisi-Kisi dan Soal Berbasis Android

  • Whatsapp
Guru-guru Madrasah Aliyah Buol sedang mempersiapkan kisi-kisi dan soal berbasis android menghadapi ujian madrasah. Foto: Humas Kemenag

PALU EKSPRES, BUOL– Sebanyak 12 guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Madrasah Aliyah (MA) dari Rumpun Bahasa, menyusun kisi-kisi dan soal berbasis android yang akan digunakan sebagai alat evaluasi pada Ujian Madrasah, Sabtu (20/2/2021).
Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Buol, di Laboratorium Komputer MAN Biau, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
Dalam sambutannya, Rischard Muksin menyampaikan apresiasinya yang mendalam kepada pengurus MGMP MA yang terus aktif memanfaatkan wadah MGMP untuk peningkatan mutu guru Aliyah di tanah Pogogul ini.
Hadir juga dalam kegiatan ini, ketua Pokjawas yang memberikan pembinaan cara menyusun kisi-kisi dan soal yang baik dan benar, dan juga Ketua Umum MGMP MA yang memberikan bimbingan penyusunan soal berbasis android dengan memanfaatkan aplikasi Quizizz, liveworksheets dan google formulir.
Menurut H Ruhuddin, kisi dan soal yang dibuat harus sesuai dengan taksonomi bloom. “Supaya soal yang dibuat betul-betul berbobot dan tepat sasaran untuk tingkatan siswa di Madrasah Aliyah,” ujarnya.
Kegiatan penyusunan kisi-kisi dan soal UM ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas soal ujian yang akan diberikan ke peserta didik kelas XII. Dengan kisi-kisi yang baik dan benar, maka akan dihasilkan butir soal ujian yang berkualitas. Sehingga, hasilnya diharapkan dapat mengukur kompetensi peserta didik secara reliable. “Semoga seluruh peserta didik kelas XII di madarsah Aliyah Kabupaten Buol diberikan kemudahan dalam mengikuti ujian UM baik secara daring maupun luring,” katanya. (Humas Kemenag)

Pos terkait