Tagana Parimo Dilatih Khusus Rescue Laut

  • Whatsapp
Kepala Bidang Linjamsos sekaligus Pembina Tagana Dinas Sosial Parimo, Ariesto. Foto : ASWADIN/PE

PALU EKSPRES, PARIMO- Sebanyak 8 orang Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah (Sulteng), dilatih khusus Rescue Laut untuk persiapan penyelamatan kemanusiaan jika suatu waktu terjadi kecelakaan di laut.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) sekaligus pembina Tagana Dinas Soaial Parimo, Ariesto, mengatakan, saat ini delapan orang peserta tersebut tengah mengikuti kegiatan diving open water diver tahap dua. Setelah mengikuti open water akan dilanjutkan dengan pelatihan lanjutan khusus Rescue Laut.

Bacaan Lainnya

Menurut Ariesto, kegiatan Rescue laut perlu diadakan dan jika itu dilakukan maka Parigi Moutong merupakan daerah satu- satunya di Sulawesi Tengah yang mempunyai Rescue laut.

Lanjut dia mengatakan, jika tim Rescue laut sudah terlatih, maka Pemerintah Daerah Parigi Moutong akan menyiapkan sarana dan prasarana sebagai alat lapangan, seperti alat selam, perahu speed Rescue dan lain sebagainya.

Ariesto megatakan, tujuan dibentuknya Rescue laut adalah untuk urusan kemanusiaan mengenai penyelamatan di laut jika terjadi kecelakaan laut. Misalnya, nelayan tenggelam, masyarakat hanyut dibawa arus, pesawat jatuh dan lainnya.

Sementara itu, Noor Wachida Prihartini S. Tombolotutu selaku Ketua TP-PKK Kabupaten Parigi Moutong, adalah yang pertama menyarankan dibentuknya Rescue Laut tersebut. 

Kata Noor Wachida, sangat penting dibentuk Rescue laut, mengingat Parigi Moutong garis pantainya sangat panjang yakni dari Desa Maleali Kecamatan Sausu hingga Desa Sejoli Kecamatan Moutong. Sehingga, tidak bisa tercover semuanya untuk penyelamatan di laut.

“Saya pikir perlu adanya Rescue laut, orang- orang yang sudah terlatih di laut bisa bertugas sebagai penyelamatan untuk misi kemanusiaan,” ujarnya. (asw/palu ekspres)

Pos terkait