Tambak Masih Terendam Banjir, Bandeng dan Udang Milik Warga Sibatang Parimo Hanyut

  • Whatsapp
DITERJANG BANJIR - Salah satu tambak ikan milik warga setempat diterjang banjir beberapa waktu lalu. Foto : ASWADIN/PE


PALUEKSPRES, PARIMO – Banjir menerjang Desa Tuladenggi Sibatang, Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah menyebabkan tanggul di wilayah setempat jebol pada Minggu malam (3/10/2021).
“Puluhan ribu ikan bandeng dan udang di tambak saya disapu banjir. Karena pematang tambak di area pertambakan di Desa Tuladenggi Sibatang jebol,” kata Rahmat, salah satu petambak ikan dan udang saat ditemui wartawan di Desa Tuladenggi Sibatang, Rabu (6/10/2021).
Menurut dia, sekitar 20 pematang di tambaknya mengalami jebol akibat diterjang banjir. Sehingga, puluhan ribu ikan bandeng dan udang di tambak miliknya hanyut. Kemudian, atas kejadian itu, pihaknya belum bisa memastikan berapa kerugian yang dialaminya.
Sebab, kata dia hingga kini air yang ada di lokasi tambak belum juga surut.
“Jadi untuk kerugiannya sampai saat ini memang belum bisa dipastikan karena airnya belum surut, kecuali air itu sudah surut terus kita panen baru bisa tahu berapa jumlah kerugiannya,” ujarnya.
Lanjut dia mengatakan, saat ini yang bisa dilihat itu adalah ikan bandeng dan udang ke luar terbawa arus dengan jumlah banyak. Menurut dia, tambak miliknya baru saja dilakukan panen sebelum diterjang banjir.
“Tambak saya itu, ada saya sudah panen sebagian. Namun, baru mau rencana panen sudah diterjang banjir kemarin,” jelas Rahmat.
Dia mengatakan, luas tambak yang dikelolanya saat ini sekitar 60 hektare. Kemudian, luas keseluruhan tambak yang ada di Desa Tuladenggi Sibatang kurang lebih 500 hektare.
“Saya ini sebetulnya warga Desa Tompo, tetapi lokasi tambak di Desa Tuladenggi Sibatang,” ujarnya.
Ia berharap, semoga dinas terkait secepatnya merealisasikan permintaan korban banjir, berupa pembangunan talud dan pemasangan bronjong di wilayah sungai tersebut. (asw/paluekspres)

Pos terkait