India Alami Gelombang Ketiga Covid-19, Gara-gara Kampanye Politisi Jelang Pemilu Negara Bagian

  • Whatsapp
Petugas medis di India tengah merawat pasien Covid-19. India mengalami gelombang ketiga penularan Covid-19/foto:Reuters/ jawapos

PALUEKSPRES, INDIA– Kementerian Kesehatan India pada mengungkapkan ada 141.986 kasus penularan baru pada Sabtu (8/1/2022). Jumlah ini naik 21 persen dibandingkan sehari sebelumnya dan empat kali lipat jika dibandingkan pekan sebelumnya.

Mayoritas penularan ditengarai gara-gara kampanye politisi menjelang pemilu negara bagian yang berlangsung 10 Februari–7 Maret mendatang seperti dilansir Jawapos, Senin (10/1/2022).

Situasi tersebut serupa dengan musim pemilu tahun lalu ketika varian Delta tengah merebak. Saat itu, India menjadi salah satu negara paling terpuruk dengan angka penularan serta kematian yang tinggi.

India akhirnya menerapkan lockdown sepanjang akhir pekan khusus di ibu kota, New Delhi. India saat ini dilanda gelombang penularan ketiga akibat varian Omicron.

Semua kegiatan yang dirasa tidak penting dilarang mulai Jumat (7/1/2022) petang hingga pukul 05.00, Senin (10/1). Beberapa kota lainnya menerapkan jam malam sepanjang akhir pekan. Misalnya, di Bengaluru.

Perdana Menteri India Narendra Modi menggelar rapat virtual dengan beberapa pejabat untuk meninjau situasi pandemi. Ada kemungkinan rapat pembahasan bujet tahunan terpaksa diundur. Biasanya, rapat tersebut digelar setiap akhir Januari. Namun, saat ini 400-an staf parlemen dinyatakan positif Covid-19. (jp/pe)

Pos terkait