oleh

Menyiasati Perubahan Tidak Terlihat (1)

PERUBAHAN adalah sesuatu yang pasti terjadi dan tidak bisa dihindari. Dalam tataran implementasi perubahan itu ada yang terlihat dan ada yang tidak, tiba-tiba sudah hadir dihadapan kita dan membuat terkaget-kaget sejumlah orang yang berhadapan dengan perubahan itu.

Perubahan tidak terlihat inilah yang kemudian menjadi “heboh” dan menimbulkan kekuatiran dan sekaligus tantangan bagi orang-orang  yang  tidak siap bersaing mempertahankan eksitensinya.

Orang-orang “tidak siap” bisa dari kalangan pebisnis, birokrat, politisi, teknokrat ataupun akademisi bahkan pelajar atau mahasiswa sekalipun. Sebagai contoh dalam bisnis transportasi darat, kehadiran taksi aplikasi digital (online sistem) secara tiba-tiba di sejumlah kotaseperti Uber, Grab dan yang sejenis lainnyadalam tempo singkat telah menjadi pesaing berat bisnis transportasi konvensional yang sudah eksis berpuluh-puluh tahun lamanya, bahkan dengan cepat mengambil separuh pelanggan taksi konvensional itu, karena layanannya  lebih cepat, murah, terpantau keberadaanya bahkan biaya menuju tujuan dapat diketahui lebih awal melalui sistem online.

Blue Bird dan Ekspres adalah contoh dua perusahaan  taksi konvensional  yang merasakan dampak dari perubahan tidak terlihat itu. Tahun 2016 keuntungan perusahaan blue bird menurun sebesar 42,3 % dari 629,1 miliar rupiah menjadi 360,8 milar rupiah dan perusahaan Ekspres merugi sebesar 81,8 miliar rupiah dan sebelumnya di tahun 2015 masih meraup keuntungan sebesar 11,8 miliar rupiah (Sumber, Kasali, R. 2016 dalam bukunya Disruption).

Aplikasi digital juga sudah merambah jauh ke bisnis perbankan, transaksi barang dan jasa, pembayaran pinjaman sampai ke jasa pengiriman serta proses perizinan yang diatur oleh Pemerintahyang memberi kemudahan karena tidak harus bertemu secara fisikyang kesemuanya bermuara kepada efesiensi dan efektifitas.

Karena itu semua orang yang selama ini masih menjadi bagian dari bisnis atau pelayanan konvensional agar lebih peka dan segera mempersiapkan diri dalam menghadapi gelombang perubahan tidak terlihat itu, yang bisa saja “menggulung kita”.

Bersambung…

News Feed