oleh

Kejutan Cudi di Donggala

Oleh: Amran Amier

MANTAN Wali Kota Palu dua periode 2005-2015, Rusdy Mastura membuat kejutan. Pria yang akrab disapa Cudi itu, tanpa gembar-gembor, tiba-tiba disepakati menjadi Ketua Partai Golkar Donggala. Ini sebuah kejutan dari Cudi yang pernah menjadi Ketua Partai Golkar Palu.

Cudi menjadi Ketua Golkar di Donggala jelas sebuah berita. Sebuah kejutan. Nyaris tak ada yang menduga hal ini akan terjadi. Karena pascamelepas jabatan Wali Kotanya, lalu kalah dalam Pemilihan Gubernur Sulawesi Tengah tahun 2015, Cudi sebetulnya sudah memegang jabatan strategis dan penting di Partai Golkar Sulawesi Tengah yang dipimpin sohibnya Arus Abdul Karim.

Sebagai politisi senior yang pernah menjadi Ketua Harian Partai Golkar Sulawesi Tengah di era Aminuddin Ponulele, jelas menjadi ketua Golkar di kabupaten, bukan sebuah lonjakan prestasi bagi Cudi. Ia memang memiliki kemampuan untuk itu. Dalam sebutan lain, menjadi ketua partai di level kabupaten/kota bukanlah level Cudi.

Artinya, Cudi turun tingkat juga prestise dengan itu? Bisa iya, bisa tidak. Secara level personal memang ada kesan Cudi turun tingkat, namun secara strategis dan kepentingan partai, ada rencana apik tentu yang tengah dimainkan Cudi dan kawan-kawannya di Golkar.

Sebagai pemimpin yang komunikatif dan merakyat, Cudi memang dikenal di Donggala, tak hanya di Palu yang dipimpinnya bertahun-tahun. Bahkan nama Cudi masih bergaung di sejumlah daerah yang jauh dari Palu. Hasil Pilgub Sulawesi Tengah dimana Cudi memenangkan suara rakyat di sejumlah kabupaten/kota adalah bukti betapa Cudi memiliki basis di masyarakat yang kuat.

Jadi, jangankan menjadi Ketua Golkar di Donggala, di kabupaten manapun di Sulawesi Tengah, rasanya Cudi punya kemampuan dan dukungan untuk menjadi ketua.

Pertanyaannya, mengapa Cudi memilih Donggala? Apakah Cudi akan ikut serta dalam Pemilu Kepala Daerah Donggala yang bakal dihelat tahun depan? Bisa jadi iya. Bila benar, maka kehadiran Cudi bakal menjadi pekerjaan rumah yang teramat berat bagi para persona yang ingin bertarung di Donggala. Termasuk bagi Kasman Lassa, Bupati Donggala saat ini, yang kesannya masih akan mencalonkan lagi untuk periode keduanya.

Ini semua masih teka-teki. Ada banyak spekulasi, ada banyak terkaan. Yang pasti, ini adalah sebuah kejutan dari Cudi.

Penulis merupakan mantan Ketua AJI Palu

News Feed