Pengukuhan Pengurus, Sekkab Parimo: FKMK Tetap Harus Independen

  • Whatsapp
Penyerahan Guma atau senjata tradisional Sulawesi Tengah oleh Dewan Adat Patanggota Parigi kepada Ketua FKMK Parimo, Rajab Pokay pada pengukuhan PB FKMK. Foto: ASWADIN/PE

PALUEKSPRES, PARIMO– Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, Zulfinasran mengukuhkan Pengurus Besar Forum Komunikasi Masyarakat Kaili (PB FKMK) di Kabupaten Parimo masa bakti 2021-2026.

Kegiatan berlangsung di salah satu Cafe di Parigi, Sabtu (12/3/2022). Dalam sambutannya, Zulfinasran mengatakan, kepengurusan FKMK diisi oleh orang-orang yang memiliki kapabilitas atau kemampuan, dan dipercaya untuk menjalankan tugas-tugas organisasi dengan penuh tanggungjawab.

Bacaan Lainnya

“Untuk itu saya berharap, dengan terbentuknya organisasi ini kiranya dapat menunjukkan manfaatnya sebagai wadah yang mampu menyuarakan aspirasi masyarakat, khususnya masyarakat Kaili,” ujarnya.

Sebagai organisasi kemasyarakatan kata dia, organisasi ini tentunya harus tetap independen dengan kata lain tidak akan berafiliasi kepada salah satu partai politik. 

Sehingga, dengan berlaku independen, organisai ini diharapkan dapat lebih tajam dalam melihat apa yang menjadi masalah yang sedang terjadi di daerah ini.

“FKMK, dapat memberikan sumbangsih yang lebih berarti bagi kemajuan masyarakat, khususnya etnis Kaili di wilayah Kabupaten Parigi Moutong,” harapnya.

Tujuan dibentuknya organisasi ini kata dia, adalah untuk meningkatkan peran aktif masyarakat, terutama masyarakat kaili dalam setiap aspek kehidupan dan pembangunan bangsa serta mempersatukan rumpun etnis kaili di daerah itu.

Lanjut dia mengatakan, untuk mencapai tujuan tersebut, para pengurus organisasi perlu melakukan upaya untuk terus mempersatukan masyarakat etnis Kaili di daerah ini dalam suatu wadah, yakni FKMK.

Ia juga mengajak PB FKMK untuk mewujudkan hubungan kekeluargaan dan persaudaraan yang kokoh, yang dibangun dengan nilai-nilai kebersamaan yang harmonis, serta kerjasama seluruh anggota dimana pun berada.

“Dan mari kita bangun sumber daya manusia yang kuat untuk mewujudkan masyarakat etnis kaili yang mampu berkiprah dalam seluruh sisi kehidupan sosial,” kata dia.

Ia berharap, peran serta pengurus maupun anggota yang tergabung dalam FKMK ini dapat bersinergi dengan pemerintah daerah untuk melaksanakan program-program pembangunan di daerah itu.

Pos terkait