Breeding, Pembiakan Kunci Sukses Industri Seafood

  • Whatsapp
DR Hasanuddin Atjo bersama kolega saat berada di Amerika/ foto: Istimewa/ PaluEkspres

Catatan Perjalanan ke AS (2)

Oleh DR Hasanuddin Atjo

Energi dan Pangan telah menjadi bisnis utama dunia. Seafood salah satu kelompok pangan berkelas dunia, digemari oleh banyak orang karena memiliki cita rasa spesifik, kaya gizi dan baik bagi kesehatan.

Laut bersih, kaya mineral sebagai media hidup kelompok pangan ini, menjadi salah satu nilai lebih dan keunggulannya , sehingga banyak diburu masyarakat dunia, akhirnya membuat harga jual dari komoditi ini menjadi mahal.

Lobster, udang, kepiting, rajungan, kerapu, tuna, salmon dan ikan laut lainnya adalah kelompok Seafood yang paling sering dicari orang, banyak disediakan sejumlah hotel maupun restoran hampir di seluruh dunia.

Tidak heran, kelompok pangan ini menjadi bisnis besar yang diminati oleh sejumlah investor baik yang berinvestasi di penyediaan bahan baku melalui budidaya maupun penangkapan. Serta bisnis hilirisasi yang memproduksi produk dalam bentuk segar dan olahan bernilai tambah.

Seafood ekspo tingkat dunia baik di benua Amerika, Eropa dan Asia menjadi ajang tahunan yang akan mempertemukan antara produsen dan konsumen, mulai produk yang setengah jadi, jadi hingga sejumlah peralatan prosesing canggih yang mengintegrasikan digitalisasi dan mekanisasi.

*****

Udang menjadi salah satu komoditi yang mendominasi setiap Seafood ekspo, karena boleh dikata hampir semua warga dunia senang makan udang. Selain rasa yang khas, juga memiliki gizi yang baik. Dan yang tidak kalah pentingnya komodoti ini paling simpel untuk disajikan.

Boston seafood ekspo merupakan salah satu Event dunia tahunan di Amerika Utara. Dan di tahun 2022 dilaksanakan tanggal 12 -15 Maret yang sempat tertunda dikarenakan larangan berkaitan dengan prokes Covid-19.

Dua tahun tertunda, menyebabkan banyak informasi terkini terkait progres industrialisai udang dunia. Dan salah satunya adalah negara mana pemasok udang terbesar ke benua Amerika, bagaimana variant produk olahan yang menjadi trend serta bagaimana perkembangan teknologi prosessing.

******

Pos terkait