Tahun Ini, Pilkades Serentak di Parimo Mulai Masuk Tahapan Pendaftaran Calon

  • Whatsapp
Kepala Bidang Pemerintahan Desa, pada Dinas PMD Parimo, Agus Salim. Foto - Aswadin/PE

PALUEKSPRES,PARIMO – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Sulawesi Tengah akan dilaksanakan di 97 desa pada 27 Juni 2022.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Parigi Moutong, Agus Salim mengtakan, saat ini tahapan menuju Pilkades telah dimulai dengan pendaftaran calon kepala desa.

Bacaan Lainnya

Pemprov Sulteng

“Sampai saat ini, Pilkades itu sudah masuk tahapan pendaftaran calon kepala desa, dimulai dari tanggal 8-19 Mei 2022,” kata Agus Salim di Parigi, Rabu (11/5/2022).

Menurut Agus, antusias para calon kepala desa kali ini untuk mendaftarkan diri cukup tinggi, terbukti ada beberapa desa di daerah itu jumlah calon yang mendaftar lebih dari 5 orang.

“Sesuai peraturan bupati, kalau jumlah pendaftar lebih dari 5 orang, maka ada tes tambahan yang nantinya akan diserahkan ke Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) tingkat Kabupaten, yakni tes tertulis dan wawancara,”ujarnya.

Kemudian, khusus petahana yang masih mencalonkan diri kata dia, belum dipersyaratkan untuk membuat Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPD) maupun Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LKPPD).

“Khusus untuk incumbent (petahana) yang mencalonkan belum kita persyaratkan sebagai yang wajib. Karena prinsipnya, mereka masuk mencalonkan itu, masih kategori calon,” kata dia.

Tetapi, Setelah mereka (Calon) terpilih kembali sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku, bahwa LPPD dan LKPPD wajib untuk dilaporkan dan diserahkan ke Bupati.

Pemprov Sulteng

Pos terkait