oleh

Rajin Undang Artis, Dewan Minta Polisi Periksa Bupati Poso

POSO, PE – Kebijakan Bupati Poso, Darmin Sigilipu yang kerap mendatangkan sejumlah artis dalam hampir seluruh event di Poso menuai sorotan tajam dari kalangan wakil rakyat.

Salah satu anggota Dewan Poso, Muhaimin Yunus Hadi, menilai kebijakan Darmin itu wajib dicurigai. Dia meminta penyidik untuk segera memeriksa Bupati Poso itu.

Politisi PAN itu menduga kuat Darmin Sigilipu keciprat dana gratifikasi kedatangan sejumlah artis ke Poso.

“Saya meminta Kepolisian dan Kejaksaan untuk segera tangkap Bupati Poso, karena diduga kuat ada gratifikasi dari dana kedatangan sejumlah artis,”tegas Muhaimin di ruangan press room Poso, Rabu (8/3).

Menurutnya, donatur yang membiayai kedatangan sejumlah artis ke Poso tentu punya perjanjian timbal balik dengan Darmin. Mustahil katanya bila donatur itu melakukannya tanpa imbalan  balik.

Sesuatu yang patut dicurigai kata Haimin mungkin saja janji proyek. Dia juga mendesak agar Pemda membeberkan siapa sajakah oknum-oknum donatur yang mendatangkan artis itu yang selama ini dirahasiakan dari dewan dan publik.

Dia mencurigai jangan-jangan donatur-donatur itu hanyalah tokoh fiktif. Makanya, dia mendesak pemda agar transparan soal itu supaya tidak menimbulkan kecurigaan.

“Saya minta dana untuk undang artis itu agar dibuka di umum. Agar masyarakat tahu. Penyumbang itu pasti ada sesuatu kan. Inikan ada tiga donatur yang saya dapat informasi yang akan mendanai kedatangan artis, tapi tidak jelas siapa orang itu,” ujarnya.

Setali tiga uang dengan rekannya, anggota Dewan Poso yang lain, Hermawan Nggau, menilai kedatangan para artis ke ibu kota Poso sejak awal pemerintahan Darmin hingga rencana HUT Poso 10 Maret mendatang tidak membawa faedah bagi kemajuan Poso.

“Seperti kedatangan artis saat Festival Danau Poso (FDP). Seyognya berdampak positif jumlah wisatawan di Kabupaten Poso khususnya daerah wisata di Tentena. Tapi ini tidak ada sama sekali,” ujarnya.

Dia sangat menyayangkan program pemerintah seperti itu. Menurutnya, justru akan lebih berfaedah bila anggaran untuk mendatangkan artis itu dialihkan untuk warga miskin di Poso.

“Bayangkan Poso ini, sejak awal cuma datangkan artis terus, kita ini kan banyak uang mungkin,” sindirnya.

Untuk diketahui, sepanjang setahun terakhir ini semenjak dilantik Darmin jadi Bupati, Pemda Poso telah mendatangkan sedikitnya lebih dari sepuluh artis dalam sejumlah hajatan. Artis-artis itu di antaranya, Ari Laso, Yuni Shara, Bebece, Once, Mita Talahatu, Evi Masamba, Entete Voice, Iis Dahlia dan Syahrini.

Dalam waktu dekat ini menjelang HUT Poso ke 122 pada 10 Maret nanti, Pemda Poso akan mendatangkan lagi tiga artis sekaligus. Di antaranya yakni Syahrini, Eri Susan dan Fey.

Ini tentu sangat kontras dengan kondisi kesulitan ekonomi yang terjadi di lingkungan Pemda Poso. Seperti belum terbayarnya gaji 300 lebih tenaga kontrak di RSUD Poso selama tiga bulan, kemudian belum cairnya dana Bosda tahun 2016 dan belum cairnya ADD 26 desa di Poso yang dikeluhkan hingga saat ini.

Sementara ADD diketahui sebagai anggaran untuk pembiayaan gaji perangkat desa.

(fer/Palu Ekspres)

News Feed