ISPA dan Penyakit Kulit Mulai Menyerang Korban Banjir Torue Parimo

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Parimo, Ellen Ludya Nelwan. Foto - Aswadin/PE

PALUEKSPRES,PARIMO – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong, (Parimo), Sulawesi Tengah, Ellen Ludya Nelwan mengatakan, situasi darurat untuk saat ini di lokasi banjir rentan terhadap penyakit menular yang dipengaruhi sejumlah faktor lingkungan.

“Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dan penyakit kulit mulai dirasakan korban banjir bandang di Desa Torue,” kata Ellen di Torue, Senin (1/8/2022).

Bacaan Lainnya

Dari pelayanan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan pihaknya kata Kadis, banyak warga mengeluhkan batuk, flu dan gatal-gatal. Sehingga, penanganan dilakukan saat ini pemberian obat antibiotik.

Menurutnya, hingga saat ini tercatat warga melakukan pemeriksaan di enam titik posko kesehatan kurang lebih 261 orang dengan berbagai keluhan penyakit.

Namun, yang menonjol ISPA dan penyakit kulit.

Kekurangan pasokan air bersih di tempat pengungsian menurut dia, dapat memicu penyakit kulit, begitu juga kondisi lingkungan berdebu dari sisa-sisa material lumpur, itu sangat berpotensi menimbulkan Ispa.

Sehingga, warga disarankan untuk menggunakan masker agar bagian hidung terlindungi, dan aman dari debu yang berterbangan dilokasi bencana.

Kadis Ellen mengatakan ketersediaan obat-obatan cukup memadai. Karena, pihaknya mendapat bantuan pasokan obat-obatan dari Dinas Kesehatan Sulawesi Tengah.

“Dengan ketambahan ini, farmasi kami semakin kuat,” kata dia.

Pos terkait