Dibuka Pendaftaran Calon Ketua Umum KONI Parimo

  • Whatsapp

Tim penjaringan dan penyaringan KONI Parimo. Foto : Aswadin/PE

PALUEKSPRES, PARIMO – Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, membuka pendaftaran bakal calon ketua umum periode 2022-2026.

Bacaan Lainnya

Ketua tim penjaringan dan penyaringan bakal calon ketua umum KONI Kabupaten Parigi Moutong, Tri Nugrah Adiyartha mengatakan, terkait hal ini pihaknya akan menyampaikan beberapa hal mengenai Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) yang akan dilaksanakan pada 20 Agustus 2022.

“Kami tim penjaringan dan penyaringan bakal calon ketua KONI Parimo masa bhakti 2022-2026 akan menyampaikan beberapa hal terkait dengan Musyawarah Olahraga Kabupaten nanti,” kata Tri Nugrah Adiyartha kepada sejumlah wartawan saat jumpa pers di kantor KONI Parimo, Selasa (9/8/2022) sore.

Adapun beberapa hal yang telah dilaksanakan pihaknya adalah, pembentukan tim penjaringan dan penyaringan sebanyak tiga orang, yang terdiri dari ketua, sekretaris, dan anggota. Kemudian, anggaran dasar rumah tangga (AD/RT).

“Dan itu yang menjadi rujukan kami selaku tim penjaringan dan penyaringan. Jadi, itu dasar kami sehingga ditunjuk menjadi TPP,” ujar Tri Nugrah.

Sesuai tahapan kata dia, pengambilan formulir akan dimulai besok, Rabu 10 Agustus 2022 di Kantor KONI setempat. Selanjutnya, kriteria yang dimasukan dalam persyaratan bagi bakal calon, pertama adalah mempunyai kemampuan manejerial, sanggup bekerja penuh untuk mengelola organisasi keolahragaan.

Kedua, konsekuen dan konsisten melaksanakan anggaran dasar rumah tangga, dan peraturan organisasi KONI. Ketiga, sanggup menjadi pengayom dan pemersatu semua unsur masyarakat olahraga. 

Keempat, mempunyai visi dan misi yang luas dalam membina olahraga, prestasi serta konsekuen dan konsisten dalam pelaksanaanya. Kelima, sanggup menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah. 

Keenam, sanggup menjalin kerjasama dengan badan-badan usaha dan instansi terkait untuk menunjang pembinaan. Ketujuh, sanggup menjalin kerjasama dengan badan-badan keolahragaan baik ditingkat daerah maupun nasional.

“Itu kriteria umum untuk bakal calon ketua. Lalu ada kriteria khusus nantinya dalam persyaratanya yang pertama, calon ketua umum KONI, pernah menjabat atau sedang menjabat sebagai ketua umum KONI, dan ketua umum Pengcab olahraga di KONI Parimo,” ujarnya

Selain itu, juga memperoleh rekomendasi tertulis dalam bentuk pengusulan dan dukungan dari minimal 25 persen atau enam Cabang Olahraga (Cabor).” Jadi direkomendasikan dari enam Cabor, dan itu menjadi persyaratan untuk bakal calon yang ditandatangani oleh ketua umum atau sekretaris umum,” kata dia.

Ia menambahkan persyaratan lain seperti, surat pernyataan dan kesediaan dicalonkan serta kesediaan dan kesiapan waktu yang cukup. Berbadan sehat berdasarkan keterangan dokter dari Rumah Sakit Umum Daerah Anuntaloko Parigi.

Kemudian, melampirkan daftar riwayat hidup singkat, dan berdomisili di kabupaten parigi moutong, surat keterangan dari pihak kepolisian setempat. Selanjutnya, membuat pernyataan tertulis kesanggupan mematuhi, menaati dan menjalankan AD/RT, pada peraturan organisasi KONI.

“Jadi, itu persyaratan menjadi calon ketua umum KONI Parimo masa periode 2022-2026.” ujarnya. (asw/paluekspres)

Pos terkait