Peran Bawaslu dan Gakkumdu Kelak Sangat Mempengaruhi Keadaan Rakyat

  • Whatsapp
Peran Bawaslu dan Gakkumdu Kelak Sangat Mempengaruhi Keadaan Rakyat
Anggota Bawaslu Sulteng Rasyidi Bakri saat memberi sambutan di Rapat Pemetaan Potensi Pidanan Pemilu dan Isu-isu krusial dalam Penanganan Pelanggaran Tindak Pidana Pemilu 2024, Kamis (24/12/2022). Foto: Istimewa

Anggota Bawaslu Sulteng Rasyidi Bakry menyebut peran dan tanggun jawab Bawaslu sebagai pengawas dan Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) sebagai penegak keadilan Pemilu kelak akan sangat mempengaruhi keadaan rakyat.

Hal ini disampaikan Rasyidi saat memberi sambutan di Rapat Pemetaan Potensi Pidanan Pemilu dan Isu-isu krusial dalam Penanganan Pelanggaran Tindak Pidana Pemilu 2024, Kamis (24/12/2022).

Baik buruknya nasib rakyat kata Rasyidi, akan sangat ditentukan oleh peran Bawaslu dan Gakkumdu sebagai pengawas sekaligus penegak hukum Pemilu.

” Mengapa demikian, karena jika kita membiarkan praktik-praktik kecurangan dalam Pemilu merajalela maka hal itu akan berdampak pada keadaan rakyat kedepannya,” ungkapnya.

Baca juga : Bawaslu RI Terima Hibah Gedung Kantor Milik Pemda Banggai Laut

Di hadapan peserta kegiatan yang terdiri dari Gakkumdu unsur Kejaksaan dan Kepolisian, akademisi, dan Panwascam Kabupaten Tolitoli, Rasyidi mengutip kata Presiden Joko Widodo di pembukaan Konsolidasi Nasional Bawaslu. “Dalam menegakkan keadilan Pemilu Bawaslu harus tegas, beliau ibaratkan kita (Bawaslu) ini seperti wasit dalam sebuah pertandingan olehnya baik buruknya proses dan hasil dari sebuah pertandingan itu bergantung pada kualitas wasit yang mengawal pertandingan itu,” jelasnya.

Sebelum menutup sambutannya, pria yang akrab disapa Rasyidi ini memberikan contoh masalah yang kerap terjadi saat Pemilu, salah satunya Politik Uang.

“Masalah yang sering kita temui di tiap Pemilu ini yaitu politik uang, dan ironisnya politik uang ini banyak yang menganggap sebagai sesuatu yang normal dalam Pemilu, hal-hal inilah yang akan mengancam kualitas demokrasi kita,” ujarnya. (bid/paluekspres)

Pos terkait