Tahun ini, JCH Asal Parimo Didominasi Kaum Perempuan

  • Whatsapp
Tahun ini, JCH Asal Parimo Didominasi Kaum Perempuan. (Foto: Aswadin/PaluEkspres.com)
Tahun ini, JCH Asal Parimo Didominasi Kaum Perempuan. (Foto: Aswadin/PaluEkspres.com)

Parigi Moutong, PaluEkspres.com – Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) tahun 2023 didominasi oleh kaum perempuan dengan jumlah 80 orang, dan 37 laki-laki.

Pelepasan JCH Kabupaten Parigi Moutong oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan Kesra Sekretariat Daerah (Setda) Parimo, Abd Azis Tombolotutu bertempat di auditorium Kantor Bupati ,Senin (5/6/2023).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Parigi Moutong, Ahmad Hasni dalam laporanya menyampaikan, sebanyak 117 JCH Parimo di berangkatkan tahun 2023 yang terdiri dari 37 laki-laki 80 perempuan tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 9 embarkasi Balikpapan.

“Untuk pemberangkatan JCH Parimo tahun ini telah diupayakan semaksimal mungkin melalui Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji atau PPIH Parimo,” kata Ahmad Hasni.

Dari 117 JCH Parimo tergabung dalam kloter 9 embarkasi Balikpapan kata dia, ada 5 orang yang tergabung dalam kloter 10 embarkasi Balikpapan. 

Kemudian, ada 8 orang Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji yang terdiri dari satu orang bertugas di Arab Saudi, 3 orang petugas pada kloter itu dari Kemenag, serta 4 orang tenaga kesehatan Haji Indonesia dari Dinas kesehatan setempat.

“Dari ratusan jumlah JCH Parimo, dua orang yang tertua yakni berusia 91 tahun dan paling muda satu orang usia 20 tahun,” jelasnya.

Dia menjelaskan, kloter 9 embarkasi Balikpapan ini dijadwalkan akan diterima oleh PPIH Sulawesi Tengah hari ini untuk selanjutnya diberangkatkan ke embarkasi Balikpapan Selasa, 6 Juni 2023.

“Dan tanggal 7 Juni mereka akan bertolak langsung ke Madina. Karena, JCH yang tergabung dalam klotet 9 merupakan pemberangkatan terakhir gelombang satu,” ujarnya.

Sehingga, dalam pemberangkatan nantinya JCH Parimo yang tergabung dalam kloter 9 embarkasi Balikpapan diberangkatkan menuju Madina. 

Namun, JCH 5 orang yang tergabung pada kloter 10 embarkasi Balikpapan, itu masuk dalam pemberangkatan awal pada gelombang kedua, dan mereka langsung diberangkatkan ke Jedda.

“Jadi ada 5 orang berangkat ke Jedda. Tapi tidak usah ragu dan takut, Insya Allah akan bertemu di Mekkah semua,” pungkasnya. (asw)

Pos terkait