Sugeng Resmi Dilantik Sebagai PAW Anggota DPRD Parimo

  • Whatsapp
Ketua DPRD Parimo, Sayutin Budianto tanda tangani berita acara pelantikan PAW anggota DPRD. (Foto: Aswadin/PaluEkspres.com).
Ketua DPRD Parimo, Sayutin Budianto tanda tangani berita acara pelantikan PAW anggota DPRD. (Foto: Aswadin/PaluEkspres.com).

Parigi Moutong, PaluEkspres.com –  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Parigi Moutong (Parimo) menggelar Rapat Paripurna pengucapan sumpah/janji jabatan anggota DPRD Pengganti Antar Waktu (PAW) sisa masa jabatan tahun 2019-2024, diruang sidang DPRD, Selasa (27/6/2023).

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Parigi Moutong, Sayutin Budianto didampingi Wakil Ketua I Faisan Badja, dan Wakil Ketua II Alfret Tonggiroh, diikuti anggota DPRD lainya serta dihadiri Staf Ahli Setda Parimo, Aminudin, dan Asisiten I, Abd. Azis Tombolotutu.

Pelantikan PAW ini berdasarkan keputusan Gebernur Sulawesi Tengah, Nomor :  100.1.4.2/314/RO/Pem Otda.G.ST 2023 tanggal 12 Juni 2023 tentang peresmian pemberhentian Feri Budiutomo dan peresmian pengangkatan Sugeng sebagai PAW anggota DPRD Kabupaten Parigi Moutong masa bhakti 2019-2024.

Ketua DPRD Parimo, Sayutin Budianto menjelaskan, bahwa ada dua mekanisme atau jalan untuk menduduki jabatan sebagai anggota DPRD, pertama anggota DPRD dapat terpilih setelah diajukan partai politik yang mengusungnya.

Dan mengikuti pemilihan umum secara langsung sebagai calon terpilih untuk menjalani jabatan DPRD selama masa periode 5 tahun. 

Kedua, dapat terpilih melalui PAW jika wakil yang telah terpilih dari hasil pemilihan umum sebelumnya meninggal dunia, mengundurkan diri dan atau diberhentikan atas usul Parpol.

Kemudian digantikan oleh anggota DPRD Kabupaten/Kota yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari Parpol yang sama pada daerah pemilihan yang sama.

“Oleh karena itu, rapat paripurna hari ini merupakan salah satu proses politik yang harus dilalui dalam rangka regenerasi dan pematangan kader Parpol.” ujar Sayutin.

Disamping itu, juga untuk kesinambungan tugas dan tanggungjawab sebagai wakil rakyat, karena mengingat semakin beratnya tugas yang diemban para anggota legislatif.

“Atas nama pimpinan DPRD Kabupaten Parigi Moutong saya mengucapkan selamat kepada saudara Sugeng yang telah diambil sumpah/janjinya sebagai PAW anggota DPRD Parimo masa bhakti 2019-2024 untuk mengemban tugas sebagai wakil rakyat.” ucapnya.

Pos terkait