Yusman Mahbub Disebut Sangat Berpeluang Jadi Penjabat Bupati Morowali

  • Whatsapp
Yusman Mahbub. Foto: Istimewa

Dari ketiga pejabat ini, satu nama nantinya akan ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo untuk menduduki posisi penjabat Bupati Morowali. Penetapan tersebut dijadwalkan akan dilaksanakan pada bulan September 2023 ini, bersamaan dengan 71 penjabat bupati/wali kota untuk mengisi kekosongan posisi kepala daerah yang telah selesai periode kepemimpinannya.

“Di bulan September ada 71 penjabat kabupaten/kota akan menerima SK, termasuk Morowali,” kata sumber di internal gubernur Sulteng, Ahad (17/9/2023).

Sebagaimana diketahui, tiga nama calon penjabat (Pj) Bupati Morowali sesuai usulan hasil pembahasan dinyatakan memenuhi syarat dan kini dalam proses sidang TPA. Ketiga nama tersebut adalah Kepala Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Tengah, Ir. A. Rachmansyah Ismail M. Agr, MP, Sekretaris Daerah Kabupaten Morowali Drs. Yusman Mahbub, M.Si, serta Direktur Organisasi Kemasyarakatan Ditjen Polpum Kemendagri Risnandar Mahiwa, S.STP, M.Si.

“Kita lihat saja siapa yang lolos dari seleksi Tim Penilai Akhir (TPA),” ujar sumber internal gubernur Sulteng.

Informasi yang diperoleh media ini, usulan ketiga nama calon tersebut ditembuskan ke Dirjen Otda termasuk juga ke DPRD Kabupaten Morowali.

Dari ketiga nama tersebut, Ir. A. Rachmansyah Ismail M. Agr, MP merupakan calon yang diusulkan oleh Gubernur Sulteng. Pejabat Pembina Utama Madya golongan IV d berusia 53 tahun 10 bulan ini menempati urutan pertama usulan Gubernur Sulteng.

Nama lain yang diusulkan oleh Gubernur Sulteng adalah Drs. Yusman Mahbub, M.Si dan menempati urutan kedua. Selain diusulkan Gubernur Sulteng, Yusman Mahbub yang kini menyandang jabatan Pembina Utama Madya Golongan IV d berusia 56 tahun 2 bulan, juga diusulkan oleh DPRD Kabupaten Morowali.

Satu nama calon penjabat bupati Morowali lainnya yang diajukan ke Kemendagri adalah Risnandar Mahiwa, S.STP, M.Si. Pejabat Pembina Tk I golongan IV B dan berusia 40 tahun 1 bulan kelahiran Luwuk, Sulawesi Tengah ini merupakan usulan Kemendagri. (bid/paluekspres)

Pos terkait