Pj Bupati Tekankan Netralitas ASN di Parimo pada HUT PGRI ke-78 tahun 2023

  • Whatsapp
Pj Bupati Tekankan Netralitas ASN di Parimo pada HUT PGRI ke-78 tahun 2023
Para ASN di Parimo saat mengikuti upacara HUT ke -78 PGRI. Foto : Aswadin/Palu Ekspres

Parigi Moutong, PaluEkspres.com – Penjabat (Pj) Bupati yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Parigi Moutong, Mawardin mengingatkan seluruh guru atau Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah itu untuk menjaga dan menegakkan prinsip netralitas.

Para pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam melaksanakan fungsi pelayanan publik dalam menghadapi Pemilihan Umum atau Pemilu pada tahun 2024 mendatang.

Demikian disampaikan, Mawardin pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke – 78 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), berlangsung di halaman Kantor Bupati, Rabu (29/11/2023).

“Perlu saya ingatkan terkait netralitas ASN pada saat tahapan hingga Pemilu 2024 mendatang, ASN tidak boleh terlibat dalam hiruk pikuk politik,” tandasnya.

Karena, ASN memiliki asas netralitas yang diamanatkan dalam undang undang nomor : 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara.

Menurut Mawardin, guru merupakan garda terdepan pendidikan. Guru juga katanya, menjadi pengajar praktik bagi guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah, serta mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah.

Serta membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antar guru dan pemangku kepentingan didalam dan luar sekolah. Oleh karena itu, Kemendikbudristek mencanangkan program guru penggerak.

Untuk membentuk seorang tenaga pendidik menjadi pemimpin pembelajaran. Sehingga, guru penggerak diharapkan dapat menjadi kualitas perubahan pendidikan di daerah dengan cara menggerakan komunitas belajar untuk guru di sekolah dan wilayahnya.

Kata dia, melalui program guru penggerak, guru yang senantiasa mau belajar dan mengembangkan diri adalah harapan bagi pendidikan negeri. Sebab, secanggih apapun teknologi tidak akan bisa menggantikan peran guru.

“Saya berharap, semoga peringatan HUT ke – 78 PGRI tahun ini dapat menumbuhkan semangat perjuangan dan komitmen dari seluruh stakeholder terkait dalam mencerdaskan anak bangsa melalui dunia pendidikan,” ucapnya.

Dan diharapkan pula para tenaga pendidik terus mengobarkan semangat juang dalam mendidik generasi bangsa dengan mengikuti perubahan zaman dalam menghadapi tantangan di masa depan.

Pos terkait