KPU Sigi Gelar Rakor Logistik Pemilu 2024

  • Whatsapp
KPU Sigi Gelar Rakor Logistik Pemilu 2024
KPU Kabupaten Sigi menggelar Rakor Logistik Pemilu 2024 yang dilaksanakan di lokasi pemancingan Nagaya, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Senin (4/12/2023). Foto: Abidin

Sigi, PaluEkspres.com – KPU Kabupaten Sigi menggelar rapat koordinasi (Rakor) Logistik Pemilu tahun 2024 yang dilaksanakan di Lokasi Pemancingan Nagaya, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Senin (4/12/2023).

Rakor melibatkan instansi terkait di antaranya Polres Sigi, Dandim 1306 Palu, Bawaslu Kabupaten Sigi yang dihadiri langsung ketuanya, Hairil, Badan Kesbangpol Kabupaten Sigi, Dinas Perhubungan Kabupaten Sigi, Sat Pol PP Kabupaten Sigi, BIN Daerah Sulteng, menyepakati untuk tidak mengulang kejadian serupa seperti saat kedatangan logistik pemilu tahap pertama.

Bacaan Lainnya

Saat itu, logistik pemilu dijadwalkan tiba di KPU Sigi pada pukul 20.00 Wita, namun molor hingga subuh hari.

Makanya, mengantisipasi hal itu, KPU Sigi memperkuat sinergi melalui koordinasi dengan menghadirkan sejumlah instansi terkait.   

Rakor yang dipimpin Ketua KPU Kabupaten Sigi, Soleman mengatakan, pencetakan surat suara Pemilu akan mulai dilaksanakan pada 5 Desember 2023 di Surabaya, dan Sigi termasuk kabupaten yang terakhir  giliran pencetakan surat suaranya.

“Pada tanggal 5 dan 6 Desember, kami akan ke Surabaya untuk memonitoring dan persiapan packing surat suara ke masing-masing KPU,” kata Soleman didampingi Ketua Divisi Sosialisasi dan Parmas KPU Sigi, Anhar Lasingki serta Kabag Keuangan Sekretariat KPU Sigi Masdar sekaligus penanggungjawab pendistribusian logistik pemilu.

Usai pencetakan katanya, selanjutnya akan memasuki tahap pendistribusian. Proses pendistribusiannya pun kata Soleman, tak bergeser dari jadwal semula.

“Insya Allah jadwal ini tidak akan berubah sehingga distribusi bisa terjadwal ke masing-masing KPU dengan lancer,” ujarnya.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua KPU Sigi menanggapi permintaan Kasat Intel Polres Sigi, Iptu Hendra.

“Tolong dikoordinasikan ke kami jika terjadi pergeseran jadwal, supaya distribusi logistic pemilu sebisa mungkin harus dikawal mulai dari tempat pembongkaran muatan di pelabuhan hingga ke gudang logistik KPU Sigi,” kata Hendra.  

Ketua KPU Sigi menambahkan, pengangkutan logistik pemilu nantinya akan melalui Pelabuhan Pantoloan. Semula distribusinya melalui Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, kemudian dibawa ke Palu melalui perjalanan darat.

Pos terkait