Bappelitbangda Parimo Gelar Penganugrahan Lomba Inovasi Produk dan Teknologi

  • Whatsapp
Para inovator saat menerima hadiah lomba inovasi produk dan teknologi.(Foto - Aswadin/Palu Ekspres)

Parigi Moutong, PaluEkspres.com – Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) menggelar penganugrahan lomba inovasi produk.

Dan inovasi teknologi. Dalam kesempatan itu, Bappelitbangda memberikan penghargaan kepada sembilan inovator yang menjuarai inovasi daerah, berlangsung di aula Bappelibangda, Kamis (14/12/2023).

Mewakili Pj Bupati, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat Setda Parimo, Mawardin mengatakan, sebagai upaya untuk menyiapkan diri dalam menghadapi era globalisasi, maka Kabupaten Parigi Moutong ikut mendorong kreativitas dan inovasi masyarakat.

Dalam mengembangkan produk berbasis teknologi yang diwadahi dalam lomba inovasi produk dan inovasi teknologi yang menampung inovasi dari berbagai bidang, meliputi agribisnis, dan pangan, kelautan.

Dan perikanan, kesehatan, obat obatan, pendidikan rekayasa teknologi dan manufaktur kerajinan dan industri rumah tangga serta sosial. Menurutnya, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, telah memberikan dampak.

Serta perubahan yang sangat besar, dimana ilmu pengetahuan menjadi unsur utama dan inovasi dalam meningkatkan produktivitas masyarakat dan meningkatnya daya saing.

Berdasarkan hal tersebut kata dia, maka adanya fasilitas, inovasi yang dimaksudkan dapat menjangkau seluruh pelaku inovasi. Sehingga dapat dilaksanakan secara terencana terpadu, terintegrasi dan terkoordinasi secara optimal.

Ia mengatakan, dalam rangka menumbuhkan perekonomian daerah,.salah satu wadah untuk kreativitas pengembangan iklim kreativitas dan inovatif di daerah ini adalah, melalui penyelenggaraan lomba inovasi produk daerah dan inovasi teknologi.

Menurutnya, lomba inovasi produk teknologi ini tidak hanya menjaring inovasi terbaik dari masyatakat, namun juga sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas hasil karya masyarakat di Kabupaten Parigi Moutong.

“Perjuanganya pun masih harus dilanjutkan dengan pengurusan kekayaan intelektual bagi para pemenang lomba.” ujarnya.

Selain itu, perjuang tersebut masih harus dilanjutkan dengan pengurusan hak paten atau hak cipta, merek dagang dan lainya.” Jadi jika tidak dibuatkan HAKI, maka orang lain yang klaim produk kita,” ujarnya.

Pos terkait