Survei Pilgub Sulsel 2024: Andi Sudirman-Fatmawati Unggul 56,5%, Danny Pomanto-Indah 25,2%

  • Whatsapp

PaluEkspres.com – Lembaga survei Indeks Politica Indonesia (IPI) merilis survei terbaru mengenai elektabilitas kandidat dalam Pilgub Sulsel 2024. Hasil survei menunjukkan Andi Sudirman Sulaiman semakin unggul dengan elektabilitas 31,5 persen. Di posisi kedua, Ilham Arif Sirajuddin memperoleh 14,7 persen, disusul oleh Adnan Purichta Ichsan dengan 9,9 persen.

Kandidat lainnya dalam survei ini termasuk Fatmawati Rusdi dengan 8,6 persen, Indra Putri Indriani dengan 8 persen, dan Danny Pomanto yang mendapatkan 6,6 persen. Andi Iwan Darmawan Aras memperoleh 5,4 persen, Taufan Pawe 4,2 persen, dan Andi Bau Sawa Mappanyukki 0,5 persen. Adapun responden yang tidak menjawab atau tidak tahu mencapai 10,6 persen.

IPI juga melakukan survei simulasi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Dalam simulasi pertama dari tiga pasangan calon, pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi unggul dengan 49,7 persen. Pasangan Danny Pomanto-Indah Putri Indriani berada di posisi kedua dengan 19,9 persen, sementara pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Andi Bau Sawa Mappayukki memperoleh 19 persen. Responden yang tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 11,4 persen.

Pada simulasi kedua dari tiga pasangan calon, pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi tetap unggul dengan 47,2 persen. Disusul oleh pasangan Danny Pomanto-Indah Putri Indriani dengan 19,3 persen, dan pasangan Andi Darmawan Aras-Adnan Purichta dengan 16,4 persen. Sebanyak 17,1 persen responden tidak menjawab atau tidak tahu.

Dalam simulasi dua pasangan calon, pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi memperoleh 56,5 persen, sementara pasangan Danny Pomanto-Indah Putri Indriani mendapat 25,2 persen. Responden yang tidak menjawab mencapai 18,3 persen.

Survei ini menunjukkan dominasi pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi di antara kandidat lainnya dalam persaingan Pilgub Sulsel. ***

Pos terkait