oleh

Cabe Rawit Diecer Rp70 Ribu/Kg

 

Panen Berkurang, Harga Bumbu Dapur Naik
PALU, PE- Musim kemarau menyebabkan sejumlah harga sejumlah bumbu dapur di pasar tradisional Masomba mengalami kenaikan. Kecuali bawang merah yang mengalami penurunan.
Pantauan Palu Ekspres, Selasa 15 September,   bumbu dapur yang mengalami kenaikan harga di antaranya: bawang putih, cabe rawit, cabe keriting dan tomat.

Cabe rawit misalnya, sebelumnya diecer Rp50 ribu per kilogramnya, sekarang naik menjadi Rp70 ribu per kilogramnya. Demikian halnya cabe keriting, awalnya dijual Rp25 ribu per kilogram naik menjadi Rp30 ribu perkilogram.

Bawang putih, yang sebelumnya Rp20 ribu naik menjadi Rp24 ribu per kilogram.  Harga tomat naik dari Rp5 ribu menjadi Rp6 ribu per kilogram.

Suharni, salah seorang pedagang di Pasar Masomba mengatakan, kenaikan harga bumbu dapur itu bukan semata-mata karena menjelang lebaran Idul Adha. “Harga-harga itu naik karena musim kemarau. Petani kurang mendapatkan hasil panen yang baik,” kata Suharni.

Selain itu katanya, saat ini petani masih melakukan penanaman kembali. “Makanya panennya kurang, karena sebagian besar petani masih dalam tahap menanam,” katanya.
Berbeda dengan bawang putih, harga bawang merah justru mengalami penurunan. Pantauan koran ini, bawang merah yang sebelumnya dijual Rp30 ribu kini turun menjadi Rp20 ribu per kilogram. (mg11)

News Feed