oleh

Situasi Keamanan Sigi Masih Aman

 

Masyarakat Sigi Dinilai  Dewasa Hadapi Pesta Demokrasi
SIGI, PE – Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Sigi Kompol Abdul Aziz menjelaskan kondisi kamtibmas di Kabupaten Sigi menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada), sampai saat ini masih relatif aman.
Kondisi yang aman ini menurut kompol Aziz, tidak lepas dari peran serta masyarakat dan kerjasama dengan pihak kepolisian setempat, terutama dalam menciptakan keamanan dilingkungannya masing-masing.
“Saat ini kondisinya masih aman pak, ” kata Kompol Aziz di ruang Penegakan Hukum terpadu (Gakumdu) Mapolres Sigi, Rabu 16 September.

Menurut kompol Aziz, terjaganya keamanan jelang Pilkada ini akibat sudah mulai dewasanya masyarakat dalam ber demokrasi. Di Pemilihan Legislatif tahun 2014, kondisi kamtibmas juga tidak mengkhawatirkan.
“Mereka sudah terbiasa dengan pesta demokrasi, mereka sudah bosan dengan konflik – konflik yang merugikan mereka sendiri, ” jelasnya.

Untuk sistem pengamanan sendiri, pihak kepolisian kata dia lebih pada meningkatkan patroli siang dan malam di daerah rawan konflik perkelahian antarwarga. Pihak kepolisian juga menggandeng pemerintah Sigi, tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk ikut serta mensosialisasikan keamanan di wilayahnya.
Menurut kompol Aziz, masyarakat diharapkan lebih aktif melaporkan hal – hal yang dianggap memicu pelanggaran hukum dan selalu berkoordinasi dengan kepolisian di sektor kecamatan dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) milik TNI.

“Keamanan ini bukan hanya tanggungjawab kami, tapi semua pihak memiliki tanggungjawab menyampaikan pentingnya keamanan kepada masyarakat, ini kami harapkan efektif untuk menghindari profokator jelang pilkada, ” tutupnya. (mg02)

News Feed