oleh

FPMCD Sebut Plh Bupati Poso Dianggap Tidak Netral

 

POSO, PE- Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, diminta  segera melantik Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Poso. Pasalnya, sampai saat ini jabatan Pelaksana harian (plh) Bupati Poso masih di jabat oleh Sin Songgo yang juga merangkap sebagai Sekkab. Sejumlah masyarakat Poso yang tergabung dalam Forum Pembela Masyarakat Cinta Damai (FPMCD) menggelar unjukrasa  di depan rumah jabatan Sekab, pada Rabu 16 September. Demo yang dipimpin anggota Dewan Poso, Muhaimin Yunus,  menuntut Gubernur atas nama Menteri Dalam Negeri  segera melantik Pelaksana Tugas (Plt)  Bupati Poso.

‘’Saya selaku anggota DPRD Poso mempertanyakan kenapa sampai sekarang ini Plt Bupati Poso tidak kunjung dilantik. Saya yakin  ini pasti permainan  dari Plh Sin Songgoh dengan Mendagri. Kalau sampai senin depan tidak  juga diganti oleh Mendagri, maka saya akan turunkan massa yang lebih besar lagi,’’ aku Muhaimin  dalam orasi tersebut.

Selain itu, mereka juga menuntut Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, agar mengangkat pejabat Plt Bupati Poso yang tidak berhubungan baik langsung maupun tidak langsung  dengan rezim pemerintah sebelumnya. ”Ini Untuk menjamin netralitas,” kata Muhaimin dalam orasinya.

Dalam orasinya mereka  mengeceam  Gubernur Sulteng karena  lambat  pengangkatan Plt Bupati Poso.
Pada saat unjukrasa itu, rumah jabatan Sekab  Poso, mengalami kerusakan pada kaca bagian depan akibat lemparan benda keras. Selain pada dinding, pintu dan jendela yang juga dipenuhi dengan  telur dan tomat . (mg-03)

News Feed