Sulteng Tertinggal 10 tahun di Bidang Sertifikasi Mutu

  • Whatsapp

Ia menyebut, tidak menutup kemungkinan Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Bina Marga atau instansi pemerintah di sektor infrastruktur, sekali kelak akan mewajibkan standar mutu berbasis ISO.

Jika syarat ini minta dalam tender, maka pengusaha di daerah tidak gelagapan lalu meminta proteksi kepada pemerintah.

Bacaan Lainnya

“Dari sekarang sudah harus dipersiapkan  sehingga pada saatnya nanti, pengusaha tidak kesulitan menghadapi persaingan yang begitu dinamis,” ujarnya.

ISO ungkap Jhoni Salim adalah sebuah organisasi Internasional untuk Standardisasi. Terdiri dari wakil-wakil dari badan standardisasi nasional setiap negara.

ISO merupakan lembaga nirlaba internasional, pada awalnya dibentuk untuk membuat dan memperkenalkan standardisasi internasional untuk hal apa saja.

Menurut dia, di daerah seperti Sulawesi Tengah, terbesar adalah jasa konstruksi. Lalu yang terakhir ini adalah  mining industry (pertambangan).
Keduanya, masuk katagori industri high risk (risiko tinggi). Karena itu, standar ISO menjadi variabel penting untuk dipenuhi.

Seminar sehari yang membahas sistem manajemen ISO untuk Standar Mutu Perusahaan, dihadiri kalangan pengusaha tidak saja dari Donggala, melainkan Kota Palu, Tolitoli dan Poso serta Banggai.

Seminar ini dihadiri  oleh Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Sulawesi Tengah, Syaifullah Djafar.

(kia/Palu Ekspres)

Pos terkait