oleh

Stok Beras Bulog Cukup hingga Desember

 

PALU, PE-  Bulog Sulteng menjamin stok beras akan mampu mencukupi kebutuhan hingga Desember 2015. Sampai saat ini stok beras di gudang Bulog di Suleteng mencapai 300 ton. “Stok sebanyak itu hanya untuk daerah Palu,” kata Kabag Pelayanan Publik Bulog Sulteng, Gani kepada Palu Ekspres, Senin 28 September.
Selain gudang di Palu kata Gani, Bulog memiliki sejumlah gudang di daerah. Seperti: di Poso, Parigi, Luwuk, Tolitoli dan daerah lainnya.

Gani mengatakan, beberapa daerah meminta untuk dikirimi stok beras, karena stok yang dimiliki habis. Saat ini katanya, program beras jatah untuk rakyat miskin (raskin) masih terus berjalan, harga beras raskin dibandrol Rp1.600 per kilogram.

Masih terkait dengan pelayanan  raskin, Gani mengatakan, pihaknya akan tetap mengganti beras raskin yang tidak layak konsumsi. “Memang biasa ada kasus, beras berwarna kuning, dan mungkin bergumpal. Beras ini tidak layak konsumsi. Beras seperti ini akan langsung diganti,” kata Gani.
Penyaluran beras raskin dilakukan sebulan sekali atau bahkan sampai dua bulan sekali penyaluran. Penyaluran dilakukan berdasarkan persetujuan pemda. Pengadaan beras oleh Bulog, selain membeli langsung ke petani, Bulog juga menjalin kerjasama kemitraan dengan pihak ketiga. (mg11)

News Feed