oleh

Optimalkan Perilaku Hidup Sehat

HUMAS PEMKOT
HIDUP SEHAT. Staf ahli bidang hukum dan politik, Drs Harry Wahyudi Supono (kiri) saat membuka kegiatan workshop upaya kesehatan olahraga dan kesehatan kerja tingkat Kota Palu di kantor walikota Palu, Senin 5 Oktober.

 
PALU, PE- Untuk  menciptakan perilaku hidup sehat bagi masyarakat kota Palu, perlu dioptimalkan pelaksanaan upaya kesehatan olahraga dan kesehatan kerja.  Untuk mensukseskan hal itu, diperlukan dukungan dan komitmen lintas sektor dan lintas program.
Gambaran ini disampaikan staf ahli bidang hukum dan politik, Drs Harry Wahyudi Supono saat membuka kegiatan workshop upaya kesehatan olahraga dan kesehatan kerja tingkat Kota Palu yang dilaksanakan di kantor walikota Palu, Senin 5 Oktober.

Menurut Harry, upaya kesehatan olahraga dan kesehatan kerja adalah upaya kesehatan yang memanfaatkan aktivitas fisik dan atau olahraga untuk meningkatkan derajat kesehatan. Aktivitas fisik dan atau olah raga merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari karena dapat meningkatkan kebugaran yang diperlukan dalam melakukan tugasnya. Dengan majunya dunia tehnologi memudahkan semua kegiatan sehingga menyebabkan kita kurang bergerak (hypokinetic), seperti penggunaan remote kontrol,  komputer,  lift dan tangga berjalan, tanpa dimbangi dengan aktivitas fisik yang akan menimbilkan penyakit akibat kurang gerak.

Seperti diketahui, bahwa dengan kegiatan kesehatan olahraga dan kesehatan kerja dapat mengurangi resiko terhadap penyakit tidak menular.  Dia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk melakukan aktifitas fisik termasuk olah raga, guna meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran yang pada akhirnya akan meningkatkan produktifitas kerja dan kualitas sumber daya manusia. Agar kegiatan tersebut bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran perlu dilakukan dengan baik dan benar secara teratur dan terukur.

Kegiatan workshop tersebut, diikuti sejumlah perwakilan dari Puskesmas se kota Palu, Dinkes Kota Palu, pimpinan pusat kebugaran dan pimpinan perusahaan sedangkan narasumber terdiri dari dr Erna Tresnaningsih Moh Phd SpOK, dr Eny Riangwaty T SpOK sub bagian direktorat ,bina kesehatan, olahraga dan perkotaan Kemenkes RI dan drg Lutfiah MKM kabid pelayanan kesehatan Dinkes Palu. (humas pemkot)

News Feed